Legenda Kanjeng Ratu Kidul (Jawa)

Suatu malam Pangeran Panembahan Senopati bertapa di Pantai Parang Kusumo. Dengan bertapa, ia bermaksud ingin menemukan cara untuk menaklukkan Kesultanan Pajang. Jika Kesultanan Pajang berhasil ditaklukkan, maka ia ingin membangun kerajaan baru yang dinamakan Mataram.

Tapanya sangat khusyuk hingga terjadi gelombang dahsyat yang mengganggu Laut Selatan. Penguasa Laut Selatan, Kanjeng Ratu Kidul, segera datang memeriksa ke pantai. Begitu melihat Panembahan Senopati yang gagah dan tampan sedang bertapa, sang Ratu seketika jatuh cinta. Sang Ratu meminta Panembahan Senopati untuk menikah dengannya.

Panembahan Senopati menyanggupi permintaan Kanjeng Ratu Kidul. Sang Ratu pun mengerahkan lelembut Laut Selatan untuk membantu sang Pangeran menaklukkan Kesultanan Pajang. Serangan mereka berhasil! Kesultanan Pajang kalah dan Kesultanan Mataram didirikan. Sang Ratu pun menjadi pasangan spiritual sang Pangeran. Tidak hanya itu, sang Ratu juga menjadi pasangan spiritual bagi semua raja Mataram yang akan datang.

(Sumber: dongengceritarakyat.com, wikipedia)

Menurut cerita rakyat di atas, Kanjeng Ratu Kidul pertama bertemu Panembahan Senopati di ....

A

Pantai Parang Kusumo ketika Panembahan Senopati sedang bertapa

B

Kesultanan Pajang ketika Panembahan Senopati sedang berperang

C

dalam Laut Selatan ketika Panembahan Senopati sedang berkunjung

D

dalam pikiran saja ketika Panembahan Senopati sedang bertapa

Pembahasan:

Isi teks Kanjeng Ratu Kidul bertemu dengan Panembahan Senopati pertama kalinya terdapat pada paragraf kedua kalimat ketiga. Untuk mengetahui kejadiannya, kita perlu mencermati teks yang sebelumnya:

Penguasa Laut Selatan, Kanjeng Ratu Kidul, segera datang memeriksa ke pantai. Begitu melihat Panembahan Senopati yang gagah dan tampan sedang bertapa, sang Ratu seketika jatuh cinta.

Pantai yang dimaksud di kalimat di atas adalah Pantai Parang Kusumo, yang disebut di awal cerita. Jadi pertemuan pertama mereka terjadi di Pantai Parang Kusumo ketika Panembahan Senopati sedang bertapa.


Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Fiksi dan Nonfiksi-Urutan Peristiwa Menguraikan Urutan Peristiwa Video KD3.8
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini