Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menulis Laporan Percobaan

Soal

Pilgan

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Berikut yang merupakan simpulan berdasarkan judul laporan percobaan tersebut adalah ...

A

Teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat dilakukan. Cukup sediakan kaca pembesar, pipa PVC dan perlup, gergaji kecil, rem perekat, dan lensa okuler.

B

Tentukan panjang badan teleskop terlebih dahulu dengan rumus fisika yang sudah diketahui: fob + fok = L. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa di ujung paling paling depan pipa PVC yang sudah diukur.

C

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, teleskop sederhana sudah dapat digunakan. Teleskop ini dapat digunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.

D

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya cukup jauh tidak selalu harus menggunakan alat canggih yang harganya mahal. Teleskop sederhana yang sudah dibuat pun bisa digunakan. Namun, ada baiknya sebelum melakukan pengamatan Anda dapat melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Pembahasan:

Unsur teks laporan percobaan terdiri atas pendahuluan, kajian pustaka, metode percobaan/prosedur kerja, hasil dan pembahasan, dan simpulan. Simpulan berada pada bagian akhir teks laporan percobaan, berisi mengenai uraian kesimpulan isi teks laporan percoban. Ciri bahasanya adalah terdapat klausa "berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa", atau kata "jadi", atau berisi uraian simpulan dari rangkaian percobaan yang telah dibuat.

Berdasarkan pilihan jawaban di atas, jawaban yang benar adalah Untuk mengamati benda langit yang jaraknya cukup jauh tidak selalu harus menggunakan alat canggih yang harganya mahal. Teleskop sederhana yang sudah dibuat pun bisa digunakan. Namun, ada baiknya sebelum melakukan pengamatan Anda dapat melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati. Kutipan teks tersebut berisi mengenai uraian percobaan yang telah dilakukan, yaitu percobaan membuat teleskop sederhana.

K13 Kelas IX Bahasa Indonesia Menulis Laporan Percobaan Menulis Laporan Percobaan Skor 2
KD4.2 Memahami LOTS
Video
10 April 2022
Menulis Laporan Percobaan | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal