Bank Soal Biologi SMA Klasifikasi dan Peranan Virus dalam Kehidupan

Soal

Pilgan

Penyakit COVID-19 disebabkan oleh virus … dan menyerang sistem organ ….

A

SARS CoV-2; pernapasan

B

SARS-CoV; pernapasan

C

MERS CoV; pencernaan

D

SARS CoV; pembuluh darah

E

Human Immunodeficiency Virus; Pembuluh darah

Pembahasan:

Coronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 atau SARS-CoV-2 (Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2) adalah salah satu anggota coronavirus yang mengakibatkan infeksi pernapasan. Penyakit akibat serangan virus ini disebut COVID-19. Virus corona yang masuk melalui saluran pernapasan dan membran mukus di bagian belakang tenggorokan, menempel pada reseptor di dalam sel dan berkembang di sana. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Kota Wuhan, Tiongkok dan menyebabkan wabah COVID-19.

Gambar virus corona (sumber: kompas.com)

SARS-CoV-2 memiliki genom RNA positif atau biasa disebut RNA. Bentuk virus ini menyerupai mahkota sehingga diberi nama corona diambil dari bahasa Latin yang memiliki arti crown atau mahkota. Bentuk mahkota berasal dari protein S atau spike protein yang mengelilingi permukaan virus. Adanya protein S yang mirip paku atau tanda panah menjadikan struktur virus ini lebih khas dibanding yang lain. Protein S ini akan menempel pada reseptor di sel pernapasan yang disebut angiotensin-converting enzyme 2 atau ACE 2 sehingga sel makhluk hidup akan terinfeksi virus.

Jadi, penyakit COVID-19 disebabkan oleh virus SARS CoV-2 dan menyerang sistem organ pernapasan.


*SARS-CoV merupakan salah satu anggota coronavirus yang menyebabkan penyakit SARS (severe acute respiratory syndrome) dengan gejala yang mirip dengan pneumonia karena organ yang diserang merupakan paru-paru.

*MERS-CoV merupakan salah satu anggota coronavirus yang menyebabkan penyakit MERS yang menyerang saluran pernapasan, penyakit ini menular dari unta ke manusia serta dari manusia ke manusia.

*Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang menyebabkan penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) yang mangakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

K13 Kelas X Biologi Biologi Virus Klasifikasi dan Peranan Virus dalam Kehidupan Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal