Bank Soal Biologi SMA Cara Hidup dan Reproduksi Virus

Soal

Pilgan

Pada reproduksi virus, virus baru terbentuk pada tahap ....

A

adsorpsi

B

penetrasi

C

sintesis

D

pematangan

E

lisis

Pembahasan:

Virus hanya dapat hidup di dalam sel hidup organisme tertentu yang sesuai sehingga disebut parasit intraseluler obligat. Jika sel hidup yang ditumpangi virus mati, maka virus akan mati. Sel inang merupakan sel hidup yang ditumpangi oleh virus. Sel inang dapat berupa organisme monoseluler ataupun multiseluler, antara lain bakteri, protozoa, jamur, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Virus berkembang biak dengan cara replikasi (perbanyakan diri) dalam sel inang. Energi dan bahan untuk sintesis protein virus berasal dari sel inang. Reproduksi virus terdiri dari lima tahap, yaitu adsorpsi, penetrasi, sintesis, pematangan, dan lisis

sumber: pak.pandani.web.id

Pada tahap pematangan, asam nukleat dan protein dirakit menjadi partikel-partikel virus yang lengkap sehingga terbentuk virion-viron baru.

Jadi, virus baru terbentuk pada tahap pematangan.


*Adsorpsi \rightarrow virion (partikel lengkap virus) menempel pada bagian reseptor spesifik sel inang menggunakan serabut ekornya.

*Penetrasi \rightarrow selubung ekor berkontraksi untuk membuat lubang yang menembus dinding dan membran sel inang, lalu menginjeksi materi genetik ke sel inang sehingga kapsid menjadi kosong.

*Sintesis \rightarrow DNA sel inang dihidrolisis dan dikendalikan oleh materi genetik virus untuk membuat asam nukleat dan protein komponen virus.

*Lisis \rightarrow virus menghasilkan lisozim (enzim perusak dinding sel inang), sehingga dinding sel pecah dan partikel virus baru keluar dari sel dan akan menyerang sel inang lainnya.

K13 Kelas X Biologi Biologi Virus Cara Hidup dan Reproduksi Virus Skor 2
LOTS Memahami
Video
31 Januari 2022
Cara Hidup dan Reproduksi Virus | Biologi | Kelas X
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal