Bank Soal Biologi SMA Jaringan pada Hewan Vertebrata

Soal

Pilgan

Jenis jaringan epitel yang terdiri dari satu lapis sel yang berbentuk heksagonal memanjang dan di antara sel tersebut biasanya terdapat sel goblet adalah ....

A

epitel transisional

B

epitel silindris selapis

C

epitel silindris berlapis banyak

D

epitel pipih selapis

E

epitel kubus selapis

Pembahasan:

Epitel silindris selapis merupakan jenis jaringan epitel yang terdiri dari satu lapis sel yang berbentuk heksagonal memanjang dan di antara sel tersebut biasanya terdapat sel goblet. Sel goblet ini berbentuk piala yang menghasilkan lendir. Epitel ini berfungsi sebagai sekresi dan absorbsi. Contohnya terdapat pada uterus dan medula spinalis.

√Jaringan Epitel Adalah : Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi

sumber: pengajar.co.id

Jadi jenis jaringan epitel yang terdiri dari satu lapis sel yang berbentuk heksagonal memanjang, dan diantara sel tersebut biasanya terdapat sel goblet adalah epitel silindris selapis.


*Epitel transisional merupakan jaringan epitel yang bentuknya tergantung pada derajat peregangan, contohnya pada sistem urinaria.

*Epitel silindris berlapis banyak merupakan jaringan epitel yang tersusun atas berlapis-lapis sel yang berbentuk silindris seperti uretra, laring dan trakea.

*Epitel pipih selapis tersusun dari satu lapis sel-sel, contohnya pada lengkung henle ginjal, alveolus paru-paru, selaput telinga tengah, dan selaput telinga dalam.

*Epitel kubus selapis tersusun atas satu lapisan sel yang berbentuk kubus dan berfungsi sebagai jaringan sekretori, contohnya pada kelenjar ludah.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Jaringan dan Organ Hewan Jaringan pada Hewan Vertebrata Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
28 Februari 2022
Jaringan pada Hewan Vertebrata | Biologi | Kelas XI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal