Bank Soal Biologi SMA Sistem Limfa

Soal

Pilgan

Nama kelenjar yang terletak pada dada, berwarna kemerahan, terdiri atas dua lobus, dan berperan pada sistem kekebalan adalah ....

A

kelenjar tiroid

B

kelenjar timus

C

kelenjar amandel

D

kelenjar paratiroid

E

kelenjar adrenal

Pembahasan:

Sistem limfa terdiri atas organ yang memproduksi dan menyimpan limfosit, pembuluh limfa, dan cairan limfa. Organ limfa terdiri atas nodus limfa, kelenjar timus, kelenjar amandel dan limpa. Kelenjar timus merupakan kelenjar yang terletak pada dada, berwarna kemerahan, terdiri atas dua lobus, dan berperan pada sistem kekebalan. Biasanya ukuran kelenjar timus semakin kecil seiring bertambahnya usia seseorang.

BIOLOGI GONZAGA: TRY OUT SYSTEM HORMON

sumber: biologigonz.blogspot.com

Jadi nama kelenjar yang terletak pada dada, berwarna kemerahan, terdiri atas dua lobus dan berperan pada sistem kekebalan adalah kelenjar timus.


*Kelenjar tiroid dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

*Kelenjar paratiroid merupakan kelenjar yang terdapat di depan leher yang berfungsi sebagai penghasil hormon paratiroid yang berperan penting dalam mengatur kadar kalsium dalam darah.

*Kelenjar amandel adalah kelenjar yang terletak di bagian kanan dan kiri faring di belakang rongga mulut, serta berfungsi menghalau kuman yang masuk melalui mulut dan hidung.

*Kelenjar adrenal adalah kelenjar yang terletak di atas ginjal yang berfungsi untuk memproduksi beberapa hormon dalam tubuh.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Sirkulasi Manusia Sistem Limfa Skor 1
LOTS Mengetahui
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal