Bank Soal IPA SD Sifat Bunyi

Soal

Pilihan Ganda

Pernahkah kamu melihat atau mengamati dinding bioskop?

sumber: merahputih.com

Jika diperhatikan, gedung bioskop biasanya dilapisi dengan bahan karpet. Hal ini memengaruhi kualitas bunyi di dalam gedung. Mengapa bahan karpet yang digunakan? Apa akibatnya jika dinding bioskop tidak dilapisi dengan karpet?

A

Bahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga dapat meredam bunyi. Jika tidak dilapisi akan terjadi gaung sehingga bunyi terdengar tidak jelas.

B

Bahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga tidak dapat memantulkan bunyi. Jika tidak dilapisi, bunyi pantul akan memperkuat bunyi asli sehingga terdengar terlalu keras.

C

Bahan karpet bersifat keras dan padat sehingga dapat memantulkan bunyi. Jika tidak dilapisi, akan terjadi gema yang akan mengganggu bunyi asli.

D

Bahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga dapat menyerap bunyi. Jika tidak dilapisi, bunyi tidak dapat merambat sehingga tidak dapat didengar.

Pembahasan:

Dinding gedung bioskop biasanya dilapisi dengan bahan peredam bunyi yang terbuat dari karpet. Bahan ini bersifat lunak dan berpori sehingga dapat meredam bunyi. Jika dinding tidak dilapisi dengan karpet, maka akan terjadi gaung. Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli. Gaung terjadi jika bunyi mengenai bidang pemantul (misalnya dinding) yang jaraknya agak berjauhan dengan sumber bunyi. Adanya gaung menyebabkan bunyi asli terdengar tidak jelas.

Jawaban yang benar adalahBahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga dapat meredam bunyi. Jika tidak dilapisi akan terjadi gaung sehingga bunyi terdengar tidak jelas”.


*Bahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga tidak dapat memantulkan bunyi. Jika tidak dilapisi, bunyi pantul akan memperkuat bunyi asli sehingga terdengar terlalu keras. → Pernyataan tersebut salah. Bunyi pantul akan memperkuat bunyi asli jika jarak antara bidang pemantul dengan sumber bunyi sangat dekat, misalnya ketika berbicara di dalam kamar mandi yang sempit.

*Bahan karpet bersifat keras dan padat sehingga dapat memantulkan bunyi. Jika tidak dilapisi, akan terjadi gema yang akan mengganggu bunyi asli. → Pernyataan tersebut salah. Karpet termasuk bahan lunak dan berpori sehingga dapat meredam bunyi. Gema juga baru terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan bidang pemantul sangat jauh.

*Bahan karpet bersifat lunak dan berpori sehingga dapat menyerap bunyi. Jika tidak dilapisi, bunyi tidak dapat merambat sehingga tidak dapat didengar.→ Pernyataan tersebut salah. Bunyi masih bisa merambat selagi masih ada medium perambatan, misalnya udara.

Video
18 Maret 2020
Bunyi (Sifat Bunyi)
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal