Bank Soal IPA SD Perpindahan Kalor

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan data berikut!

  1. Benteng Fort Rotterdam
  2. Masjid Katangka
  3. Istana Balla Lompoa
  4. Istana Surosowan

Dari daftar di atas, yang bukan merupakan peninggalan Kesultanan Gowa Tallo, adalah ....

A

4

B

3

C

1

D

2

Pembahasan:

Kesultanan Gowa Tallo merupakan kerajaan kembar yang bersatu. Pusat kerajaan tersebut terletak di Somba Opu (Makassar). Raja Tallo waktu itu adalah Karaeng Matoaya, sedangkan Raja Gowa adalah Daeng Manrabia. Kesultanan Gowa Tallo mencapai puncak kejayaannya saat dipimpin oleh Sultan Hasanuddin yang dijuluki sebagai "Ayam Jantan dari Timur". Akhirnya karena pengkhiatan Raja Aru Palaka dari Bone, Belanda berhasil mengalahkan Kesultanan Gowa Tallo.

Peninggalan Kesultanan Gowa Tallo sebagai berikut.

  1. Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam). Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa Tallo yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng ini dibangun pada 1545 oleh Raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna.
  2. Masjid Katangka. Masjid al-Hilal atau lebih dikenal dengan Masjid Katangka merupakan Masjid Kerajaan Gowa yang dibangun pada abad ke-18. Penamaan Katangka berasal dari bahan dasar masjid yang dibuat dari pohon katangka. Masjid berada di sebelah utara Kompleks Makam Sultan Hasanuddin yang diyakini sebagai tempat berdirinya Istana Tamalate, istana raja Gowa ketika itu.
  3. Istana Balla Lompoa. Istana ini teletak di Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang Didirikan oleh Raja Gowa ke-35 I Mangimangi Daeng Matutu Karaeng Bonionompo Sultan Muhammad Tahir Muhibuddin Tumenangari Sungguminasa
  4. Kompleks Makam Raja Gowa-Tallo yang terletak di Tallo, Makassar.
  5. Benteng Somba Opu, terletak di muara Sungai Jene Berang. Terletak di Maccini Sombala, Sanrobone, Desa Bontoala, Kec Pallangga, Kab Gowa.


Jadi, yang bukan peninggalan Peninggalan Kesultanan Gowa-Tallo adalah Istana Surosowan (4).

*Sedangkan Istana Surosowan merupakan peninggalan Kesultanan Banten yang menjadi istana utama (tempat tinggal sultan).

Video
16 Maret 2020
Keuntungan Penyusunan Lampu Paralel
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal