Bank Soal Bahasa Inggris SMP Written and Spoken Expressions of Time

Soal

Pilgan

Read the following text and answer the question.

The pictures of time below show some daily activities done by Surya. Based on the text above, choose the correct picture which shows time Surya arrives at school.

A

Source: https://www.k5learning.com/

B

Source: https://www.math-salamanders.com/

C

Source: https://www.k5learning.com/

D

Source: https://www.math-salamanders.com/

Pembahasan:

Berikut ini adalah terjemahan dari teks dan pertanyaan di atas.

Bacalah teks berikut ini dan jawablah pertanyaan.

Aktivitas Harian Surya

Hai, semuanya. Aku Surya, seorang siswa yang berasal dari Surabaya. Aku sangat sibuk karena aku mempunyai banyak aktivitas dalam satu hari.

Setiap Senin, aku bangun tidur pada pukul 7 pagi. Kemudian, aku pergi ke kamar mandi dan mandi. Setelah itu, aku turun ke bawah ke ruang makan dan makan pagi bersama keluargaku. Aku meninggalkan rumah pada pukul 8.15 pagi dan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda. Perjalanan menuju ke sekolah menempuh waktu 30 menit dari rumahku. Aku belajar di sekolah mulai pukul 9.00 pagi sampai 3.30 sore hari. Saat jam makan siang, aku makan ikan goreng tepung. Setelah pulang sekolah, aku pergi ke taman dan bermain bola basket bersama teman-temanku selama satu jam. Kemudian, aku pulang ke rumah dan mengerjakan tugas sekolahku. Aku makan malam pada pukul 7.20 malam hari. Setelah makan malam, aku biasanya belajar, sedangkan ayahku membaca majalah dan ibuku merajut sebuah sweater. Pada akhirnya, saya pergi tidur kira-kira pada pukul 10 kurang 15 menit atau 9.45.

Gambar waktu berikut ini menunjukkan beberapa aktivitas harian yang dilakukan oleh Surya. Berdasarkan teks di atas, pilihlah gambar yang benar yang menunjukkan waktu Surya sampai/tiba di sekolah.

Sedangkan, terjemahan pilihan jawaban dari soal di atas adalah sebagai berikut.

  • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 4 dan 5 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 6, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 4.30.
  • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 8 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 9, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 8.45.
  • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 3 dan 4 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 6, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 3.30.
  • Jarum jam pendek mengarah pada angka di antara 10 sedangkan jarum jam panjang mengarah pada angka 9, maka, gambar di atas menunjukkan pukul 10.45.

Pembahasan

Soal di atas menanyakan gambar yang tepat atau waktu yang benar yang menunjukkan Surya sampai/tiba di sekolah. Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas maka kita dapat menemukannya pada paragraf kedua pada kalimat berikut ini, "I leave home at a quarter past eight and I go to school by bicycle. It takes me about 30 minutes from my house to my school." yang bermakna "Aku meninggalkan rumah pada pukul 8.15 pagi dan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda. Perjalanan menuju ke sekolah menempuh waktu 30 menit dari rumahku." Berdasarkan kalimat tersebut, maka waktu yang ditempuh Surya adalah 8.15 + 30 menit = 8.45.

Merujuk pada gambar yang berada di pilihan jawaban, maka gambar yang tepat adalah ketika jarum jam pendek mengarah ke angka 8 dan jarum jam panjang mengarah ke angka 9.

Berikut ini adalah gambar dari jawaban yang tepat.

Source: https://www.math-salamanders.com/

K13 Kelas VII Bahasa Inggris Bahasa Inggris Expressing time Written and Spoken Expressions of Time Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
09 November 2020
Written and Spoken Expressions of Time | Bahasa Inggris | Kelas VII
Rangkuman
14 Oktober 2020
Singular & Plural Nouns | Bahasa Inggris | Kelas 7 | KD 3.4. & KD 4.4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal