Ringkasan: Antri Bersama Kak Riri

Buku "Antri Bersama Kak Riri" yang ditulis oleh Palupi Mutiasih mengajarkan budaya antre kepada anak-anak. Buku ini mengisahkan Rino yang hendak menonton pertunjukan Lenong di Setu Babakan. Namun, karena antrean yang panjang, ia khawatir tidak kebagian tiket. Akhirnya, Rino berusaha menyelinap ke barisan depan sehingga membuat orang lain kesal dan memarahinya. Karena kejadian tersebut, Rino belajar bahwa ia harus bersabar untuk mendapatkan sesuatu, dan salah satu caranya adalah dengan cara antre.

Berdasarkan ringkasan cerita di atas, Rino belajar budaya antre karena ia ....

A

dipuji orang karena antre dengan tertib

B

diajarkan gurunya di sekolah

C

dimarahi orang yang disalip antreannya

D

membaca petunjuk antrean di poster

Pembahasan:

Isi teks yang bercerita tentang alasan Rino belajar budaya antre ada pada kalimat-kalimat berikut:

Akhirnya, Rino berusaha menyelinap ke barisan depan sehingga membuat orang lain kesal dan memarahinya. Karena kejadian tersebut, Rino belajar bahwa ia harus bersabar untuk mendapatkan sesuatu, dan salah satu caranya adalah dengan cara antre.

Dari penggalan teks di atas, dapat diketahui kalau Rino belajar untuk bersabar meskipun antrean panjang setelah dimarahi orang yang kesal karena Rino menyelinap ke barisan depan. Dengan kata lain, Rino belajar budaya antre karena ia dimarahi orang yang disalip antreannya.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.226 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini