Bank Soal IPS SD Potensi Keadaan Geografis

Soal

Pilgan

Kelebihan dari letak geografis Indonesia di bawah ini adalah ....

A

terdapat empat musim

B

memiliki tanah yang subur

C

memiliki kekayaan flora dan fauna

D

sebagai jalur perdagangan dan penerbangan internasional

Pembahasan:

Indonesia memiliki letak astronomis, letak geografis dan letak geologis. Masing-masing letak memberikan potensi bagi Indonesia.

  • Letak astronomis adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang dan garis bujur di Indonesia menyebabkan Indonesia mengalami iklim tropis yang memengaruhi curah hujan dan suhu udara. Paparan sinar matahari sepanjang tahun dan curah hujan yang tinggi menyebabkan Indonesia cocok dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.
  • Letak geografis adalah letak suatu negara berdasarkan kenyataannya di permukaan bumi. Indonesia berada pada posisi silang (cross position) yaitu di antara dua benua dan dua samudra, sehingga berpotensi sebagai jalur perdagangan dan penerbangan internasional. Posisi silang Indonesia dapat dilihat pada gambar berikut.

sumber: infoindonesiakita.com

  • Letak geologis yaitu letak suatu negara berdasarkan jenis bebatuan dan jalur pegunungan. Indonesia dilalui oleh dua jalur pegunungan muda yaitu Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur sehingga menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung yang aktif. Keberadaan gunung di Indonesia memberi keuntungan karena menyebabkan tanah di sekitarnya subur dan memiliki flora dan fauna yang beragam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kelebihan dari letak geografis Indonesia pada soal di atas adalah sebagai jalur perdagangan dan penerbangan internasional.



K13 Kelas V IPS Geografi Karakteristik Geografi Wilayah Indonesia Potensi Keadaan Geografis Skor 2
Video Memahami LOTS
Video
29 Juni 2020
Potensi Keadaan Geografis | IPS | Kelas V
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal