Cermati penggalan naskah drama berikut!

Anjing itu berlarian ke sana kemari dengan girang dan semangat sambil mengibaskan ekornya. Tono, pemilik anjing bernama Syafa itu duduk di kursi taman sambil memandang biru langit.

Tono: Ah, andaikan Bulan berada di sini juga. Aku pasti tidak akan sekesepian ini. (memandang Syafa yang masih giat berlarian)

Tono: Syafa! (anjing itu langsung mematuhi Tono dan mendekati Tono. Tono mengelus kepala Syafa dengan penuh kasih sayang)

Tono: Kau tidak boleh meninggalkanku seperti Bulan meninggalkanku! Mengerti? Ah, aku pasti sudah gila sampai berbicara dengan anjing. (tertawa menyadari kebodohannya)


Latar tempat yang terdapat di dalam penggalan naskah drama tersebut adalah ...

A

taman

B

kuburan

C

jalan raya

D

jembatan

Pembahasan:

Drama adalah salah satu jenis karya sastra yang menggambarkan suatu cerita, menggunakan dialog dan gerakan, serta dipentaskan. Salah satu unsur yang terdapat di dalam drama adalah latar. Latar memiliki pengertian sebagai setting atau pendukung agar tercipta keadaan yang diinginkan oleh penulis. Latar dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu: latar tempat, latar waktu, latar suasana

Latar tempat adalah setting yang menunjukkan di mana drama tersebut berlangsung. Berhubungan erat dengan keterangan tempat.

Mari kita amati penggalan naskah drama tersebut!

Anjing itu berlarian ke sana kemari dengan girang dan semangat sambil mengibaskan ekornya. Tono, pemilik anjing bernama Syafa itu duduk di kursi taman sambil memandang biru langit. → Kata yang dicetak tebal tersebut menunjukkan keterangan tempat.

Sehingga penggalan naskah drama tersebut memiliki latar tempat di taman.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Drama Unsur-unsur Drama KD3.17
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.647 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini