Bank Soal Biologi SMA Gangguan Sistem Gerak Manusia

Soal

Pilgan

Metode operasi yang bertujuan untuk menghilangkan tumor dengan cara mengamputasi tulang yang terkena tumor ganas disebut juga dengan ....

A

limb salvage

B

limb ablation

C

limb ischemia

D

laparaskopi

E

limb lenghthening

Pembahasan:

Operasi adalah semua tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani. Pada kasus tumor tulang, langkah operasi perlu dilakukan untuk mengangkat tumor yang sudah berkembang. Salah satu metode operasi yang digunakan adalah limb ablation. Limb ablation merupakan metode operasi yang bertujuan untuk menghilangkan tumor dengan cara mengamputasi tulang yang terkena tumor ganas. Langkah ini diambil karena bagian yang terkena tumor sudah tidak mungkin lagi untuk diselamatkan.

Jadi metode operasi yang bertujuan untuk menghilangkan tumor dengan cara mengamputasi tulang yang terkena tumor ganas disebut juga dengan limb ablation.


*Limb salvage yaitu mengganti tulang yang terkena tumor ganas dengan implan tulang lain dari pasien yang baru meninggal.

*Limb ischemia adalah penurunan perfusi ekstremitas secara mendadak yang dapat menyebabkan potensi ancaman terhadap kelangsungan.

*Laparaskopi adalah pembedahan dengan hanya menyayat sedikit dan membiarkan alat seperti selang masuk ke dalam lubang yang telah dibuat, untuk mengetahui masalah yang terjadi di dalam tubuh.

*Limb lenghthening adalah teknik pemanjangan tulang melalui metode pembedahan khusus.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Gerak Manusia Gangguan Sistem Gerak Manusia Skor 2
Memahami LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal