Bank Soal Biologi SMA Tulang dan Sendi

Soal

Pilgan

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh terganggunya sistem saraf sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tulang adalah ....

A

poliomielitis

B

demensia

C

alzheimer

D

migrain

E

parkinson

Pembahasan:

Pertumbuhan tulang juga dipengaruhi oleh sistem saraf. Sistem saraf yang terganggu akan menyebabkan pertumbuhan tulang juga terhambat. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh terganggunya sistem saraf sehingga menyebabkan pertumbuhan tulang jadi tidak optimal dan terjadi pada masa anak-anak adalah poliomielitis atau polio. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf tulang belakang. Penyebaran virus polio dapat terjadi melalui kontak langsung dengan tinja penderita polio, atau melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus polio. Virus ini juga dapat menyebar melalui percikan air liur ketika penderita batuk atau bersin, namun lebih jarang terjadi.

Polio

sumber: https://health.detik.com/

Jadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh terganggunya sistem saraf sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tulang adalah poliomielitis.


*Demensia atau alzheimer adalah penyakit yang disebabkan oleh penyakit pada sistem saraf pada otak yang menyebabkan ingatan menjadi terganggu.

*Migrain adalah merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara dan hanya terjadi pada satu sisi kepala saja.

*Parkinson adalah penyakit saraf yang memburuk secara bertahap dan memengaruhi bagian otak yang berfungsi mengoordinasikan gerakan tubuh. 

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Gerak Manusia Tulang dan Sendi Skor 1
Mengetahui LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal