Perhatikan teks ulasan berikut!

Sebuah novel yang fenomenal, hingga diangkat menjadi film. Novel fenomenal ini adalah karya penulis tersohor yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka. Isi yang terkandung di dalam novelnya yaitu kritik Buya Hamka terhadap suatu tradisi milik masyarakat Minang pada kala itu, terutama dalam hal perkawinan paksa. Jika dilihat dari alur ceritanya, novel ini sangat mudah dipahami karena pemilihan bahasa yang komunikatif. 

(disadur dari :www.republika.com)


Makna kata yang dicetak tebal pada teks tersebut adalah ....

A

hebat

B

luar biasa

C

keajaiban

D

hal secara umum

Pembahasan:

Makna kata dalam teks haruslah mengacu kepada teks paragraf yang dimaksud. Untuk dapat menentukan makna kata tersebut, maka kita dapat melihat dari KBBI. Menurut KBBI, kata fenomenal /fe·no·me·nal a memiliki makna luar biasa, hebat.

Makna kata fenomenal pada penggalan paragraf tersebut yang sesuai adalah luar biasa

Luar bisa lebih tepat untuk memaknai kata fenonmenal karena mengacu pada kalimat "Novel fenomenal ini adalah karya penulis tersohor yaitu Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka." dan "Isi yang terkandung di dalam novelnya yaitu kritik Buya Hamka terhadap suatu tradisi milik masyarakat Minang pada kala itu, terutama dalam hal perkawinan paksa."

Penulis ingin mengatakan bahwa novel tersebut merupakan karya seorang yang tersohor/terkenal yang berani memberikan kritik terhadap sebuah tradisi/adat. Kritik tersebut tersampaikan dengan baik sehingga pembaca dapat memahami pesan yang disampaikan.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.129 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini