Perhatikan kedua teks ulasan berikut!

Teks 1

Cerpen ini merupakan bacaan yang menarik bagi para remaja. Melalui cerpen ini, penulis ingin menyampaikan bahwa cita-cita harus diwujudkan dengan tidak melupakan tugas dan kewajibannya. Cerita ini bertema kehidupan remaja yang kemungkinan besar tidak semua orang menyukai ceritanya. Dalam cerpen ini, pengarang menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pembacanya. 

 Teks 2

Buku berjudul Kumpulan Lengkap Dongeng Nusantara dan Fabel Dunia Terfavorit Sepanjang Masa ini memuat dongeng-dongeng dari berbagai daerah di Nusantara serta dongeng terkenal dunia. Buku kumpulan dongeng tersebut dikemas secara menarik dengan tampilan yang berwarna sehingga dapat menambah antusiasme pembaca, terutama anak. Dalam buku ini, terdapat tiga puluh judul dongeng. Ketiga puluh dongeng tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam hal isi cerita.


Persamaan kedua teks ulasan tersebut adalah ....

A

sama-sama mengulas cerita pendek

B

sama-sama mengulas novel

C

sama-sama mengulas keunggulan karya

D

sama-sama mengulas karya fiksi

Pembahasan:

Persamaan kedua teks ulasan tersebiut adalah, keduanya sama-sama mengulas karya fiksi.

Hal ini dapat dibuktikan dengan

Teks 1 - Cerpen ini merupakan bacaan yang menarik bagi para remaja. Melalui cerpen ini, penulis ingin menyampaikan bahwa cita-cita harus diwujudkan dengan tidak melupakan tugas dan kewajibannya.

Teks 2 - Buku berjudul Kumpulan Lengkap Dongeng Nusantara dan Fabel Dunia Terfavorit Sepanjang Masa ini memuat dongeng-dongeng dari berbagai daerah di Nusantara serta dongeng terkenal dunia.

Cerpen dan Kumpulan dongeng adalah hasil karya sastra fiksi

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Menggali Informasi Teks Ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.246 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini