Cermati teks berikut!

Racun Plastik dalam Tubuh Manusia

Sampah plastik merupakan salah satu masalah lingkungan terbesar yang dihadapi manusia saat ini. Ini karena sampah plastik yang mencemari lingkungan akan berdampak buruk pada tanaman, hewan, dan bahkan manusia. Lebih lagi, plastik tidak dapat terurai hingga ratusan hingga ribuan tahun. Akibatnya, dampak dari pencemaran plastik akan terasa dalam waktu yang sangat lama.

Pencemaran sampah plastik

sumber: forbes.com

Zat racun dari sampah plastik dapat meracuni manusia lewat makanan, minuman dan udara yang dihirup.

Zat racun yang masuk lewat makanan biasanya berasal dari sampah plastik yang dibuang ke lautan atau daerah perairan lainnya. Zat racun tersebut diserap oleh plankton, yang kemudian disantap oleh ikan, udang, dan hewan-hewan air lainnya, dan akhirnya, manusia.

Selain itu, zat racun dari sampah plastik yang berada di tempat pembuangan sampah juga dapat merembes ke dalam air tanah. Air tanah kemudian dipompa keluar dan diminum oleh manusia, hewan dan digunakan untuk menyiram tanaman. Zat racun dalam tubuh hewan dan tumbuhan ini juga dapat masuk ke tubuh manusia ketika dikonsumsi.

Jika sampah plastik dibakar, zat racun ini tidak menghilang, melainkan tersebar di udara. Masalah pernapasan dapat timbul jika manusia menghirup udara yang terpolusi oleh zat racun dari sampah plastik terlalu lama.

Jika teks nonfiksi ini dilanjutkan, maka hal apa yang paling mungkin diceritakan yang masih sesuai dengan judul teks?

A

Himbauan untuk membuang sampah plastik pada tempatnya.

B

Himbauan untuk mengurangi pemakaian plastik.

C

Penyakit-penyakit manusia yang berasal dari zat racun plastik.

D

Cara-cara untuk mengurangi paparan zat racun plastik.

Pembahasan:

Judul teks yaitu Racun Plastik dalam Tubuh Manusia. Di dalam teks sudah ada pembahasan mengenai:

  • masalah sampah plastik (paragraf pertama),
  • adanya zat racun dari sampah plastik (paragraf kedua),
  • zat racun masuk melalui makanan (paragraf ketiga),
  • zat racun masuk melalui minuman (paragraf keempat),
  • zat racun masuk melalui udara (paragraf kelimat).

Kelanjutan topik yang masuk akal dengan urutan pembahasan ini adalah penyakit-penyakit manusia yang berasal dari zat racun plastik. Topik ini sesuai dengan judul, karena racun plastik dalam tubuh manusia pasti menimbulkan penyakit. Pembaca yang melihat judul tersebut pasti ingin tahu penyakit apa saja yang dapat timbul karena masuknya zat racun ini.

* Himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya tidak sesuai dengan judul, karena tidak ada hubungannya dengan tubuh manusia.

* Himbauan untuk mengurangi pemakaian plastik tidak sesuai dengan judul, karena juga tidak berhubungan dengan tubuh manusia.

* Cara-cara untuk mengurangi paparan zat racun plastik kurang sesuai dengan judul, dibandingkan dengan penyakit-penyakit dalam tubuh manusia. Cara-cara untuk mengurangi paparan adalah tindakan pencegahan, sedangkan penyakit-penyakit dalam tubuh adalah akibat dari racun yang sudah berada di dalam tubuh manusia.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.228 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini