Jika judul teks nonfiksi adalah Musibah Titanic, maka dengan membacanya kamu mungkin akan mempelajari hal-hal berikut, kecuali ....
A
hantu korban
B
jumlah korban jiwa
C
waktu kejadian
D
deskripsi peristiwa
Pembahasan:
Untuk memperkirakan hal-hal apa saja yang dapat kita pelajari dari sebuah judul, perlu kita cermati setiap kata dalam judul ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musibah artinya bencana; malapetaka. Sedangkan Titanic adalah sebuah nama asing, yang kemungkinan menunjukkan lokasi musibah. Jika kedua kata judul digabung, dapat kita perkirakan isi bacaan tersebut adalah tentang peristiwa yang menyebabkan banyak korban jiwa.
Dengan demikian, hal-hal yang mungkin kamu pelajari dari teks nonfiksi berjudul Musibah Titanic contohnya:
- deskripsi peristiwa (apakah itu kecelakaan, lokasi di mana, waktu kapan, pihak-pihak yang terlibat dan sebagainya),
- jumlah kerugian, baik korban jiwa maupun materi,
- penyebab peristiwa terjadi,
- akibat peristiwa tersebut.
Pilihan jawaban yang tidak ada di daftar di atas adalah hantu korban. Hal ini kemungkinan besar tidak akan ada di dalam bacaan karena cenderung bersifat takhayul, sedangkan teks nonfiksi adalah berdasarkan fakta atau hal ilmiah.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 40.584 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Di bawah ini yang tidak bisa dioperasikan dalam bentuk penjumlahan/pengurangan adalah ….
Bagian cerita inspiratif yang berisi amanat dan pesan-pesan positif yang bisa kita petik dari teks adalah ....
Hasil kali dua bilangan sama dengan . Salah satu bilangan itu bernilai . Bilangan yang lainnya adalah ....
Di bawah ini yang tidak termasuk struktur pidato persuasif adalah ....
Cermatilah kutipan teks berikut!
Pembelajaran daring (dalam jaringan)/online menjadi satu-satunya pilihan pada masa pandemi seperti ini. Namun, jika dilihat lebih dalam tingkat kompleksitasnya jauh lebih rumit pembelajaran langsung/offline karena umpan balik menjadi poin penting, sedangkan dalam pembelajaran daring peserta didik bisa mencari materi dari internet. Tentunya guru dan orang tua perlu mengembalikan esensi pembelajaran daring, pembelajaran daring bukan sekadar memberikan penugasan dengan memfoto lalu mengirimkannya kepada siswa, mengoreksinya, dan dikembalikan lagi pada siswa.
Pembelajaran dengan cara seperti itu adalah sistem pembelajaran yang tidak memerdekakan siswa karena siswa akan merasa lebih terbebani. Pembelajaran daring memang perlu dilakukan sosialisasi secara integratif untuk komponen dunia pendidikan, karena bisa jadi komponen utama dunia pendidikan seperti guru dan sekolah belum sigap untuk melakukan proses pembelajaran daring.
(Sumber: ummetro.ac.id, dengan penyesuaian)
Kata-kata yang mengungkapkan suatu saran pada kutipan teks tersebut adalah ....