Perhatikan data buku berikut!

Judul buku  : Negeri 5 Menara
Penulis     : Ahmad Fuadi
Tebal buku  : 423 halaman
Penerbit    : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun       : 2009

Data :

  • mengusung tema religius dan moralitas
  • menceritakan kehidupan di pesantren bagitu nyata
  • sangat kental dengan motivasi, perjuangan, dan persahabatan
  • klimaks ceritanya yang tak begitu menonjol
  • kurang penjelasan mengenai kehidupan dari beberapa tokoh di akhir cerita

Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi – Gramedia Pustaka Utama – Akubaca.com

Sumber: akubaca.com



Paragraf ulasan yang menggambarkan evaluasi yang sesuai berdasarkan data tersebut adalah ...

A

Novel yang menggambarkan kehidupan pesantren merupakan salah seru novel yang bakal laris di Indonesia, terlebih banyaknya orang yang penasaran tentang kehidupan di dalam pondok pesantren. Banyak novel yang mengisahkan cerita di balik dinding pesantren, salah satu yang terbaik adalah Negeri 5 Menara. Novel ini banyak diminati pembaca.

B

Ahmad Fuadi merupakan seorang pengarang muda yang sangat jeli dalam menggambarkan ceritanya. Latar belakang Ahmad Fuadi sebagai seorang lulusan pondok pesantren membuatnya mudah dalam menceritakan setiap detail kehidupan para santri. Sebagai penulis baru, Ahmad Fuadi terbilang cukup sukses mengantarkan novel ini menjadi best seller.

C

Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini mengangkat tema religiusitas yang menonjol, karena pemilihan setingnya di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci. Fokus novel ini hanya menceritakan kisah tokoh utamanya saja.

D

Negeri 5 Menara merupakan sebuah novel tentang persahabatan. Novel ini mengambil latar kehidupan di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur. Novel setebal 423 halaman ini mengangkat tema religiusitas dan moralitas. Di dalam novel ini, Ahmad Fuadi menggambarkan kehidupan seorang anak di pondok pesantren yang memiliki motivasi untuk maju.

Pembahasan:

Salah satu unsur dalam penyusunan teks ulasan adalah evaluasi. Dalam struktur tersebut, pengulas akan memberikan pandangan dan penilaiannya secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Berdasarkan teori tersebut, paragraf evaluasi yang tepat tergambar pada:

"Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini mengangkat tema religiusitas yang menonjol, karena pemilihan setingnya di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci. Fokus novel ini hanya menceritakan kisah tokoh utamanya saja."

Pada kalimat "Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci" menunjukkan sisi kekurangan karya menurut pengulas.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Menulis teks ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.879 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini