Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Negeri 5 Menara Penulis : Ahmad Fuadi Tebal buku : 423 halaman Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama Tahun : 2009
Data :
- mengusung tema religius dan moralitas
- menceritakan kehidupan di pesantren bagitu nyata
- sangat kental dengan motivasi, perjuangan, dan persahabatan
- klimaks ceritanya yang tak begitu menonjol
- kurang penjelasan mengenai kehidupan dari beberapa tokoh di akhir cerita
Sumber: akubaca.com
Paragraf ulasan yang menggambarkan evaluasi yang sesuai berdasarkan data tersebut adalah ...
A
Novel yang menggambarkan kehidupan pesantren merupakan salah seru novel yang bakal laris di Indonesia, terlebih banyaknya orang yang penasaran tentang kehidupan di dalam pondok pesantren. Banyak novel yang mengisahkan cerita di balik dinding pesantren, salah satu yang terbaik adalah Negeri 5 Menara. Novel ini banyak diminati pembaca.
B
Ahmad Fuadi merupakan seorang pengarang muda yang sangat jeli dalam menggambarkan ceritanya. Latar belakang Ahmad Fuadi sebagai seorang lulusan pondok pesantren membuatnya mudah dalam menceritakan setiap detail kehidupan para santri. Sebagai penulis baru, Ahmad Fuadi terbilang cukup sukses mengantarkan novel ini menjadi best seller.
C
Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini mengangkat tema religiusitas yang menonjol, karena pemilihan setingnya di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci. Fokus novel ini hanya menceritakan kisah tokoh utamanya saja.
D
Negeri 5 Menara merupakan sebuah novel tentang persahabatan. Novel ini mengambil latar kehidupan di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur. Novel setebal 423 halaman ini mengangkat tema religiusitas dan moralitas. Di dalam novel ini, Ahmad Fuadi menggambarkan kehidupan seorang anak di pondok pesantren yang memiliki motivasi untuk maju.
Pembahasan:
Salah satu unsur dalam penyusunan teks ulasan adalah evaluasi. Dalam struktur tersebut, pengulas akan memberikan pandangan dan penilaiannya secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut.
Berdasarkan teori tersebut, paragraf evaluasi yang tepat tergambar pada:
"Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini mengangkat tema religiusitas yang menonjol, karena pemilihan setingnya di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci. Fokus novel ini hanya menceritakan kisah tokoh utamanya saja."
Pada kalimat "Dalam novel setebal 423 halaman ini. klimaks cerita tidak begitu menonjol, bahkan kehidupan beberapa tokoh yang mengisi cerita dalam novel ini tidak dijelaskan secara rinci" menunjukkan sisi kekurangan karya menurut pengulas.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 43.879 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Majas perumpamaan dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Saat ini umur adik adalah kurang 8 tahun dari umur kakak. 2 tahun lagi, umur kakak adalah 2 kali umur adiknya sekarang. Jumlah umur mereka sekarang adalah … tahun.
Nilai dari adalah ....
Cermati pidato berikut!
(1) Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
(2) Yang saya hormati Bapak Ibu Wali Murid sekalian,
Dan anak-anak yang saya banggakan,
(3) Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilahturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan tak kurang suatu apapun.
(4) Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait dengan kenakalan remaja yang semakin marak di tengah perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini. Di tengah gempuran perkembangan teknologi dan komunikasi, banyak anak-anak muda yang sukses dalam meniti kehidupan dan prestasi. Namun, di balik itu tidak sedikit juga yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja seperti pergaulan dan sosial yang salah.
(5) Mudahnya informasi untuk didapatkan saat ini secara tidak langsung membuat perilaku anak-anak remaja juga di atas nalar pikir orang dewasa. Selain itu, kemudahan memperoleh informasi tersebut terkadang disalahgunakan oleh anak remaja untuk mengakses hal-hal yang seharusnya tidak diakses oleh remaja. Hal ini tentu saja meresahkan orang tua, karena anak remaja bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sesuatu hal namun tanpa pengarahan yang tepat justru akan membuat anak remaja tersebut terjerumus ke hal-hal yang negatif. Penggunaan obat-obatan terlarang dan perilaku menyimpang, misalnya.
(6) Untuk itu, saya mengajak orang tua sekalian untuk semakin menjaga dan mengarahkan putra-putrinya dalam menelusuri dunia maya. Semakin banyak pemblokiran internet untuk jejaring yang dianggap tidak pantas untuk diakses yang seharusnya membantu para orang tua untuk menghindarkan putra-putrinya dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saya mengajak anak muda sekalian, khususnya yang menghadiri acara ini. Berprestasilah setinggi mungkin, dan jadikan tiang agama dan norma sebagai pedoman dalam bersikap dan menjalani kehidupan agar tidak salah jalan. Ingatlah anak-anakku terkasih, jangan menyia-nyiakan kehidupan saat ini. Hiduplah agar menjadi berguna bagi sekitarmu. Mari berkarya dan berpartisipasi pula bagi kemajuan bangsa dan negeri kita ini.
(7) Demikian gagasan dan pendapat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan teman-teman sekalian. Saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekhilafan.
(8) Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nomor (7) dan (8) termasuk dalam struktur pidato, yaitu ....
Berdasarkan sifat peristiwanya, teks cerita inspiratif dibagi menjadi dua, yaitu ....