Bank Soal IPA SD Perkembangbiakan Manusia

Soal

Pilihan Ganda

Pada saat sel telur diproduksi di dalam ovarium, terjadi penebalan pada dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Ketika sel telur sudah masak, sel telur akan keluar menuju tuba falopi (saluran telur). Ada dua kemungkinan yang terjadi pada sel telur (ovum), yaitu sel telur dibuahi atau tidak dibuahi. Perbedaan dua kasus tersebut akan menyebabkan perempuan mengalami .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

A

menstruasi jika sel telur tidak dibuahi; sel telur yang tidak dibuahi akan mati dan keluar bersamaan dengan luruhnya dinding rahim

B

menstruasi jika sel telur dibuahi; pembuahan akan menghasilkan zigot dan terus berkembang menjadi embrio dan janin

C

kehamilan jika sel telur dibuahi; pembuahan akan menghasilkan zigot dan terus berkembang menjadi embrio dan janin

D

kehamilan jika sel telur tidak dibuahi; sel telur yang tidak dibuahi akan mati dan keluar bersamaan dengan luruhnya dinding rahim

Pembahasan:

Pada saat sel telur diproduksi di dalam ovarium, terjadi penebalan pada dinding rahim yang berisi pembuluh darah. Ketika sel telur sudah masak, sel telur akan keluar menuju tuba falopi (saluran telur). Ada dua kemungkinan yang terjadi pada sel telur (ovum), yaitu sel telur dibuahi atau tidak dibuahi.

  • Perempuan akan mengalami menstruasi jika sel telur tidak dibuahi. Menstruasi adalah meluruhnya dinding rahim yang berisi pembuluh darah.
  • Perempuan akan mengalami kehamilan jika sel telur dibuahi. Pembuahan akan menghasilkan zigot dan terus berkembang menjadi embrio dan janin.
Video
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem
Rangkuman
 
11 November 2020
Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia | IPA | Kelas 6 | Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup |...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal