Bank Soal Biologi SMA Mekanisme Transpor Membran Plasma

Soal

Pilihan Ganda

Praktikum Biologi BMC: Osmosis pada kentang

sumber: praktikumbiologi.blogspot.com

Pada percobaan merendam kentang selama 20 menit dengan berbagai macam larutan seperti gambar di atas, kentang yang memiliki kenaikan massa paling besar adalah percobaan huruf ....

A

A

B

B

C

C

D

semuanya sama

E

A dan B

Pembahasan:

Percobaan di atas dilakukan untuk membuktikan perpindahan zat dari larutan konsentrasi rendah (hipertonis) ke konsenterasi tinggi (hipotonis) atau disebut juga dengan peristiwa osmosis. Pada percobaan yang terdapat pada gelas A dan B, hal yang terjadi adalah perpindahan air dari sel kentang yang bersifat hipotonis ke dalam larutan gula (30% dan 5%) yang bersifat hipertonis. Perpindahan ini menyebabkan terjadinya plasmolisis dan berdampak pada menurunnya tekanan turgor sehingga kentang mengalami pelembekan, Selain teksturnya berubah, peristiwa ini juga mengakibatkan massa kentang menurun karena jumlah air pada sel kentang berkurang signifikan.

Sedangkan pada percobaan yang terdapat pada gelas C, aquades yang bersifat hipotonis akan berpindah pada sel kentang yang bersifat hipertonis. Akibat masuknya air ini menyebabkan isi sel menjadi bertambah dan sel menaikkan tekanan turgornya sehingga kentang menjadi bertambah keras dan bertambah massanya ketika ditimbang.

Jadi pada percobaan merendam kentang selama 20 menit dengan berbagai macam larutan seperti gambar di atas, kentang yang memiliki kenaikan massa paling besar adalah percobaan huruf C.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sel Mekanisme Transpor Membran Plasma Skor 3
Mengaplikasikan LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal