Bank Soal Pendidikan Kewarganegaraan SMP Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

Soal

Pilgan

Pepaya
Perhatikan teks berikut!
(Sumber: health.kompas.com)

[…] Buah yang menghasilkan daging karena terbentuk dari bakal buah tunggal. Pepaya mempunyai nama bimomial, yaitu carica papaya. Pepaya dapat ditemukan di daerah tropis, sub tropis, bahkan daerang dingin di seluruh belahan dunia. Nama “pepaya” dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda “papaja” dan diadopsi dari bahasa Arawak “papaya”. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kebun karena mudah tumbuh dan memiliki buah yang segar dan bergizi.

Pohon pepaya tidak bercabang dan tumbuh mulai dari lima meter hingga lebih dari sepuluh meter. Batangnya tidak berkayu, silindris, berongga dan berwarna putih kehijauan. Bentuk daun pepaya menyirip spiral dan berlubang pada bagian tengahnya. Daunnya termasuk tunggal, bulat, ujung meruncing, pangkal bertoreh, tepi bergerigi, dan berdiameter 5 sampai 25 cm. Buah pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat. Bentuk buahnya bervariasi, mulai dari yang bulat, lonjong, memanjang, dan oval. Bagian tengah buah pepaya berongga dengan biji berwarna hitam yang dilapisi cairan berlendir. Warna buah pepaya ketika muda adalah hijau gelap, dan ketika saat masak buahnya berwarna kuning semu hijau.

Pepaya adalah monodioecious (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin, yaitu tumbuhan jantan, betina dan hermafrodit (berkelamin ganda). Tumbuhan jantan dikenal sebagai pepaya gantung, walaupun terkadang dapat menghasilkan buah secara parthenogenesis. Buah ini mandul karena tidak menghasilkan biji subur dan dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Keberadaan bunga betina tergantung pada benang sari jantan dan hasil dari perkembang biakan akan menghasilkan buah yang runcing dengan bagian celah buahnya berdaging. Tanaman hermafrodit lebih disukai karena dalam budidaya dapat menghasilkan buah lebih banyak dan besar. Dalam budidaya, biji-biji yang diambil dari bagian tengah buah akan ditanam kembali.

(Sumber: samuelherdianto.blogspot.com, dengan penyesuaian)

Apabila teks di atas dilanjutkan, gagasan yang kemungkinan dapat ditambahkan adalah

A
Manfaat dari pohon pepaya.
B
Asal mula tumbuhan pepaya.
C
Jenis dan bentuk buah pepaya.
D
Ciri-ciri dari tumbuhan pepaya.
Video
01 Oktober 2023
Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika | Pendidikan Ke...
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal