Bank Soal Matematika SMP

Soal

Pilgan

TV Kabel

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kepemilikan TV oleh rumah tangga di lima negara.

Selain itu, tabel juga menunjukkan persentase rumah tangga yang memiliki TV dan berlangganan TV kabel.

Kiko melihat informasi dalam tabel untuk Perancis dan Norway.

Kiko berkata, "Karena persentase rumah tangga yang memiliki TV di kedua negara hampir sama, maka Norway memiliki rumah tangga yang lebih banyak berlangganan TV kabel".

Tanggapan yang tepat untuk menanggapi perkataan Kiko adalah ...

(Diadaptasi dari PISA 2012)

A

Ya benar, Norway memiliki persentase lebih besar untuk rumah tanga yang berlangganan TV kabel dibandingkan dengan Perancis. Sehingga pasti rumah tangga yang berlangganan TV kabel lebih banyak.

B

Ya benar, Norway memiliki jumlah rumah tangga yang lebih besar dibandingkan dengan Perancis. Sehingga rumah tangga yang berlangganan TV kabel dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan Perancis.

C

Tidak benar, pasti data yang ada tidak akurat. Perancis adalah negara yang maju, pasti memiliki lebih banyak rumah tangga yang memiliki TV.

D

Tidak benar, jumlah rumah tangga yang memiliki TV di Perancis lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan Norway. Sehingga jumlah rumah tangga yang berlangganan TV kabel di Perancis lebih banyak dibandingkan Norway.

Pembahasan:


Pada tabel terlihat Perancis memiliki 15,4% rumah tangga berlangganan TV kabel dari 24,5 juta rumah tangga yang memiliki TV. Sedangkan Norway memiliki 42,7% rumah tangga berlangganan TV kabel dari 2,0 juta rumah tangga yang memiliki TV.

Banyak rumah tangga di Perancis yang berlangganan TV kabel adalah

15,4100×24,5 juta=3,77 juta \frac{15,4}{100}\times24,5\ \text{juta}=3,77\ \text{juta}\ \text{}

Banyak rumah tangga di Norway yang berlangganan TV kabel adalah

42,7100×2,0 juta=0,85 juta\frac{42,7}{100}\times2,0\ \text{juta}=0,85\ \text{juta}

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa Perancis memiliki rumah tangga yang lebih banyak berlangganan TV kabel dibandingkan dengan Norway.

Meskipun persentase rumah tangga yang berlangganan TV kabel terlihat lebih besar di Norway, tetapi populasi rumah tangga yang memiliki TV di Perancis lebih besar dibandingkan Norway. Sehingga kita tidak dapat menilai hanya dari persentase saja. Dari tabel, dapat kita lihat bahwa populasi rumah tangga yang memiliki TV di Perancis adalah 24,5 juta di mana nilai tersebut lebih dari 10 kali lipat dari populasi rumah tangga yang memiliki TV di Norway (hanya 2,0 juta).

Jadi, tanggapan yang tepat untuk menanggapi perkataan Kiko adalah Tidak benar, jumlah rumah tangga yang memiliki TV di Perancis lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan Norway. Sehingga jumlah rumah tangga yang berlangganan TV kabel di Perancis lebih banyak dibandingkan Norway.

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal