Bank Soal Biologi SMA Sistem Saraf Manusia

Soal

Pilgan

Bagian pada gambar di bawah ini yang mengandung banyak akson bermielin dan berperan menyampaikan informasi dari otak maupun sebaliknya ditunjukkan oleh nomor ....

sumber: biologigonz.blogspot.com

A

1

B

2

C

3

D

4

E

1 dan 2

Pembahasan:

Gambar di atas adalah gambar medula spinalis atau sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang berperan dalam gerak refleks atau tidak sadar. Bagian dari medula spinalis pada gambar sebagai berikut.

  • Nomor 1 adalah substansi abu-abu yang berbentuk huruf H dan tidak bermielin, terdiri dari tanduk dorsal, tanduk ventral, tanduk lateral, dan komisura abu-abu. Tanduk dorsal dan ventral terhubung dengan otot rangka, sementara tanduk lateral terhubung dengan otot jantung dan otot polos,
  • Nomor 2 adalah substansi putih yang mengandung banyak akson bermielin. Setiap kelompok akson membawa informasi tertentu yang perlu dikomunikasikan. Saluran akson yang naik akan berkomunikasi dengan otak, sementara yang turun akan membawa sinyal dari otak ke berbagai otot dan kelenjar di seluruh tubuh.
  • Nomor 3 adalah akar dorsal yang berperan sebagai tempat masuknya semua saraf sensorik.
  • Nomor 4 adalah saraf motorik yang berperan membawa impuls dari sumsum tulang belakang ke efektor.

Jadi bagian pada gambar yang mengandung banyak akson bermielin dan berperan menyampaikan informasi dari otak maupun sebaliknya ditunjukkan oleh nomor 2.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal