Bank Soal Biologi SMA Sistem Saraf Manusia

Soal

Pilgan

Rina sedang terjebak hujan. Ketika melihat kilat dan mendengar suara gemuruh petir, Rina memejamkan mata dan berteriak. Tangannya kemudian menutup telinganya, lalu Rina berlari mencari tempat yang menurutnya aman.

Berdasarkan fenomena tersebut, yang merupakan contoh gerakan sadar adalah ....

A

memejamkan mata

B

berteriak ketika melihat kilat

C

gerakan memejamkan mata dan menutup telinga

D

mencari tempat yang aman dan menutup telinga

E

berteriak dan menutup telinga

Pembahasan:

Dalam tubuh kita terdapat sistem koordinasi yaitu sistem hormon dan sistem saraf yang berperan dalam menentukan reaksi seseorang. Reaksi manusia terhadap rangsangan dapat berupa gerakan sadar dan gerakan tidak sadar/refleks.

  • Gerak sadar adalah gerakan yang dikontrol oleh pusat kesadaran yaitu otak. Otak akan memerintahkan otot-otot kita untuk melakukan gerakan tertentu.
  • Gerak refleks adalah gerakan yang tidak disadari atau tidak disengaja dan pusatnya terletak pada sumsum tulang belakang.

Ketika melihat kilat, seseorang kemungkinan akan memejamkan mata dan berteriak, kemudian menutup telinga. Ketika melihat kilat, secara tidak sadar kita akan terkejut. Reaksi ini akan berpengaruh pada reaksi hormonal. Saat terkejut, tubuh akan mengeluarkan adrenalin yang cukup banyak sehingga detak jantung akan menjadi lebih cepat akibat perintah hipotalamus. Reaksi selanjutnya, tanpa sadar kita akan memejamkan mata dan berteriak.

Kemudian otak akan akan berpikir dengan cepat bahwa kemungkinan kilat akan diikuti suara petir, sehingga otak memerintahkan tangan untuk menutup telinga agar dapat meredam suara tersebut. Setelah itu secara sadar, otak akan memerintah untuk mencari perlindungan, misalnya mencari tempat berteduh, tempat untuk berpegang, atau tempat yang aman untuk berlindung.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah mencari tempat yang aman dan menutup telinga.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal