Bank Soal Matematika SD Data Tunggal

Soal

Pilgan

Promosi Toko Kelontong

Bu Lita baru membuka toko kelontong.

Ia mencatat hasil penjualannya selama 5 hari pertama.

Setelah menghitung rugi laba, ia memutuskan untuk mengadakan promosi agar penjualannya meningkat.

Promosi pertama yang dicobanya adalah beli 10 shampo gratis 1 biskuit.

Berikut catatan penjualannya selama 5 hari promosi berlangsung.

Biskuit yang diberikan gratis dalam promosi dihitung dalam catatan di atas.

Seingat Bu Lita, penjualan shampo yang paling sedikit 10 botol memang seringnya dibarengi dengan pengambilan biskuit gratis.

Dari data yang ada, apakah kesimpulan mengenai promosi yang paling masuk akal?

A

Promosi berhasil meningkatkan penjualan shampo karena kemungkinan sudah digunakan hingga 5 kali.

B

Promosi berhasil meningkatkan penjualan biskuit karena biskuit gratisnya diminta 5 kali.

C

Promosi juga berhasil meningkatkan penjualan susu kotak karena jumlah yang terjual meningkat sebanyak 25 kotak.

D

Promosi tidak berhasil meningkatkan penjualan jenis barang manapun.

Pembahasan:

Diketahui:

Penjualan di 5 hari sebelum adanya promosi:

Penjualan di 5 hari setelah adanya promosi beli 10 shampo gratis 1 biskuit:

Ditanya:

Dari data yang ada, apakah kesimpulan yang paling masuk akal?

Jawab:

Kesimpulan mengenai keberhasilan promosi dapat ditarik melalui dua informasi berikut:

  • Apakah penjualan shampo dan biskuit meningkat setelah adanya promosi?
  • Apakah penjualan shampo paling sedikit 10 botol dibarengi dengan pengambilan biskuit gratis?


Apakah penjualan shampo dan biskuit meningkat setelah adanya promosi?

Dapat kita jawab dengan data total penjualan sebelum dan sesudah adanya promosi.

Berikut tabel distribusi frekuensi penjualan selama 5 hari sebelum adanya promosi.

Berikut tabel distribusi frekuensi penjualan selama 5 hari setelah adanya promosi.

Dari data sebelum dan sesudah promosi, dapat kita amati:

  • Jumlah penjualan shampo meningkat dari 33 menjadi 70 botol.
  • Jumlah penjualan biskuit termasuk jenis promosi meningkat dari 35 menjadi 45.

Penjualan shampo dan biskuit meningkat setelah adanya promosi. Jadi ada kemungkinan promosi berhasil meningkatkan penjualan shampo.


Apakah penjualan shampo paling sedikit 10 botol dibarengi dengan pengambilan biskuit gratis?

Dapat kita jawab dengan data penjualan per jenis barang sesudah promosi.

Perhatikan daftar penjualan yang ditandai berikut.

Dari data di atas, dapat kita amati:

  • Tanggal 6 Maret 2020: Paling banyak 10 dari 12 shampo terjual akibat promosi, karena berbarengan dengan adanya catatan penjualan biskuit lebih dari 1.
  • Tanggal 8 Maret 2020: Paling banyak 20 dari 25 shampo terjual akibat promosi, karena berbarengan dengan adanya catatan penjualan biskuit lebih dari 2.
  • Tanggal 10 Maret 2020: Paling banyak 20 dari 20 shampo terjual akibat promosi, karena berbarengan dengan adanya catatan penjualan biskuit lebih dari 2.

Ada 5 kejadian penjualan shampo paling sedikit 10 botol yang dibarengi dengan pengambilan biskuit. Dari data yang ada, kita tidak yakin apakah biskuit yang ada di catatan diambil gratis dari promosi atau penjualan biasa. Jadi promosi tersebut digunakan antara 0 hingga 5 kali oleh pembeli dalam kurun waktu 5 hari setelah adanya promosi.


Kesimpulan

Promosi tersebut mungkin meningkatkan penjualan shampo karena:

  • Promosinya melibatkan penjualan shampo yang berjumlah banyak dengan iming-iming gratis biskuit.
  • Penjualan shampo meningkat sebanyak 37 botol setelah adanya promosi.
  • Promosi mungkin telah digunakan hingga 5 kali.
Video
06 April 2020
Mean | Matematika | Kelas VI
Rangkuman
08 April 2020
Bangun Datar | Matematika | Kelas 4 | Tema 4 Berbagai Pekerjaan | Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal