Bacalah teks berikut dengan cermat!

Persiapan Kemerdekaan oleh BPUPKI

Perdana Menteri Jepang, Jenderal Kuniaki Koiso, pada tanggal 7 September 1944 mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan kelak, sesudah tercapai kemenangan akhir dalam perang Asia Timur Raya. Dengan cara itu, Jepang berharap tentara sekutu akan disambut rakyat Indonesia sebagai penyerbu negara mereka. Pada tanggal 1 Maret 1945, Pemerintah Militer Jepang di Jawa, Kumakici Harada, mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai. BPUPKI dibentuk untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting untuk mendirikan negara Indonesia merdeka.

BPUPKI resmi dibentuk pada tanggal 29 April 1945, bertepatan dengan ulang tahun kaisar Jepang. Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat ditunjuk menjadi ketua didampingi dua orang ketua muda, yaitu R.P Suroso dan Ichibangase. Selain menjadi ketua muda, R.P. Suroso juga diangkat menjadi kepala kantor tata usaha BPUPKI dibantu Toyohiko Masuda dan Mr. A.G. Pringgodigdo. Tanggal 28 Mei 1945, diadakan upacara pelantikan dan sekaligus upacara pembukaan sidang pertama BPUPKI di gedung Chuo Sangiin (Gedung Pancasila sekarang).

Informasi penting paragraf pertama pada teks tersebut adalah ...

A

Indonesia akan diberikan kemerdekaan oleh Jenderal Kuniaki Koiso setelah mendapat kemenangan dalam perang Asia Timur Raya.

B

Indonesia akan diberikan kemerdekaan oleh Kumakici Harada setelah mendapat kemenangan dalam perang Asia Timur Raya.

C

BPUPKI resmi dibentuk pada tanggal 29 April 1945.

D

Tanggal 1 Maret 1945 dibentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pembahasan:

Informasi penting dalam teks narasi sejarah dapat ditemukan dengan mengikuti langkah:

  1. membaca teks dengan saksama,
  2. pahami setiap kalimat yang terdapat dalam teks,
  3. temukan unsur pembangun 5W dan 1H,
  4. tandai informasi tersebut, dan
  5. tulis kembali informasi tersebut dengan bahasa sendiri agar mudah dipahami.


Informasi penting biasanya berupa kalimat umum/ utama yang menggambarkan keseluruhan isi teks. Informasi penting pada paragraf pertama terletak di kalimat pertama yang menyatakan bahwa:

Perdana Menteri Jepang, Jenderal Kuniaki Koiso, pada tanggal 7 September 1944 mengumumkan bahwa Indonesia akan dimerdekakan kelak, sesudah tercapai kemenangan akhir dalam perang Asia Timur Raya.


Jadi, informasi penting paragraf pertama yaitu Indonesia akan diberikan kemerdekaan oleh Jenderal Kuniaki Koiso setelah mendapat kemenangan dalam perang Asia Timur Raya.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 39.509 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini