Perhatikan pernyataan berikut!
- Temukan unsur pembangun 5W dan 1H dalam teks!
- Tulislah kembali informasi tersebut dengan bahasa sendiri agar lebih mudah dipahami!
- Bacalah teks dengan saksama!
- Pahami setiap kalimat yang ada dalam teks!
- Tandailah informasi penting pada teks!
Urutan langkah yang tepat dalam menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah yaitu ....
A
5 → 3 → 4 → 2 → 1
B
5 → 3 → 4 → 1 → 2
C
3 → 4 → 1 → 5 → 2
D
3 → 1 → 5 → 4 → 2
Pembahasan:
Teks narasi sejarah adalah teks yang berisi peristiwa sejarah dan dissampaikan dalam bentuk narasi (urutan cerita). Langkah yang dapat dilakukan untuk menemukan informasi penting dalam teks narasi sejarah, yaitu:
- bacalah teks dengan saksama! (3)
- pahami setiap kalimat yang ada dalam teks! (4)
- temukan unsur pembangun 5W dan 1H dalam teks! (1)
- tandailah informasi penting pada teks! (5)
- tulislah kembali informasi tersebut dengan bahasa sendiri agar lebih mudah dipahami! (2)
Jadi, urutan langkah yang tepat untuk menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah yaitu 3 → 4 → 1 → 5 → 2.
*5W + 1 H, yaitu:
- What (apa), biasanya digunakan untuk menanyakan hal atau peristiwa yang terjadi dalam teks.
- Where (di mana), digunakan untuk menanyakan tempat atau lokasi peristiwa dalam teks.
- When (kapan), digunakan untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa dalam teks.
- Who (siapa), digunakan untuk menanyakan orang atau hal yang terlibat dalam teks.
- Why (mengapa), digunakan untuk menanyakan penyebab terjadinya suatu kejadian dalam teks.
- How (bagaimana), digunakan untuk menanyakan keadaan atau cara yang dijelaskan dalam teks.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 39.510 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Hasil dari
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Majas perumpamaan dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Hasil dari ....
(Pilih semua jawaban yang benar!)
Cermati penggalan pidato persuasif berikut!
(1) Maraknya pemberitaan hoax dalam masyarakat seharusnya membuat kita semakin waspada. (2) Hoax atau berita bohong merupakan manipulasi media untuk menguntungkan pihak yang berkepentingan. (3) Dengan berkembangnya teknologi informasi, pembuatan berita bohong tersebut dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. (4) Sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwa tidak semua berita yang kita dapatkan dari internet adalah benar adanya.
Kalimat yang mengandung kosakata emotif ditunjukkan oleh kalimat bernomor ....
Di antara titik berikut yang mempunyai jarak 5 satuan terhadap sumbu X adalah?