Bank Soal Biologi SMA Sistem Saraf Manusia

Soal

Pilgan

Seseorang umumnya akan mudah marah dan tersinggung ketika merasa lapar. Reaksi tersebut dipengaruhi oleh kerja bagian otak, yaitu ….

A

serebelum (otak kecil)

B

serebrum (otak besar)

C

diensefalon, tepatnya di hipotalamus

D

diensefalon, tepatnya di talamus

E

mesensefalon (otak tengah)

Pembahasan:

Karbohidrat, protein, dan lemak dalam semua makanan akan diubah menjadi gula sederhana (glukosa), asam amino, dan asam lemak bebas. Nutrisi ini yang akan masuk ke dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruh organ atau jaringan tubuh sebagai sumber energi.

Setelah lewat beberapa saat dari waktu makan, jumlah nutrisi-nutrisi yang disirkulasikan ke dalam aliran tubuh mulai turun. Ketika kadar glukosa turun hingga batas tertentu, hal tersebut akan dikirim ke otak sebagai "impuls lapar". Impuls tersebut akan diterima oleh otak bagian hipotalamus, yang mengatur rasa lapar. Otak kemudian akan memerintahkan

  • kelenjar adrenal bagian medula untuk menyekresi hormon adrenalin, serta
  • kelenjar hipofisis menghasilkan hormon adrenokortikotopik (kortikotropin), yang akan merangsang kelenjar korteks adrenal untuk menyekresi hormon kortisol.

Hormon adrenalin akan meningkatkan detak jantung dan melebarkan pembuluh darah. Sementara hormon kortisol akan meningkatkan kadar gula darah. Kedua hormon tersebut dikenal sebagai hormon stres. Kelebihan kedua hormon tersebut dapat menyebabkan gelisah dan mudah marah.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah diensefalon, tepatnya di hipotalamus.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal