Bacalah kutipan teks ulasan berikut!

Poppi Pertiwi adalah cerpenis muda dari Bali yang memiliki gaya tersendiri dalam mengulas novel-novelnya. Salah satunya adalah Mozachiko yang memiliki desain cover yang bagus dengan ilustrasi karakter Chiko Gadangga dan latar belakang putih bersih. [...] Poppi Pertiwi kurang membangun konflik antartokohnya dengan baik, sehingga di beberapa bagian terkesan menggantung. [...] pemilihan font yang terlalu kecil untuk ukuran novel membuat kurang nyaman mata dalam membaca. Terlepas dari itu semua, plot keseluruhan novel ini sangat baik, para pembaca seakan-akan diajak untuk mengikuti lika-liku kehidupan Chiko yang keras. Bagi pecinta cerita remaja, novel karya Poppi Pertiwi ini layak untuk dibaca.

(disadur dari: https://www.infokekinian.com/)


Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks ulasan tersebut adalah ....

A

bahkan, tetapi

B

namun, selain itu

C

tetapi, bahwa

D

meskipun, namun

Pembahasan:

Konjungsi atau kata sambung adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih kata, klausa, atau kalimat dengan unsur yang lain, baik yang memiliki kedudukan yang setara maupun bertingkat. Penggunaan konjungsi dalam paragraf mempunyai fungsi untuk membuat kalimat satu dengan yang lainnya menjadi padu.

Berdasarkan fungsinya, konjungsi dibedakan menjadi:

  1. Pengandaian: andaikan, sekiranya, seandainya
  2. Pertentangan: tetapi, sedangkan, meskipun, sebaliknya, namun
  3. Waktu: sebelumnya, setelahnya, ketika, demi, sementara, semenjak, tatkala, seraya
  4. Tujuan: supaya, agar, untuk
  5. Sebab: karena, sebab, karena itu, sebab itu
  6. Akibat: sehingga, akibatnya, sampai
  7. Syarat: asalkan, jika, apabila, kalau, jikalau
  8. Perbandingan: seperti, bagaikan, ibarat, umpama
  9. Korelatif: tidak hanya…tetapi juga, sedemikian rupa sehingga, semakin…semakin, baik…maupun
  10. Penegasan: yakni, apalagi, yaitu, selain itu
  11. Penjelas: bahwa
  12. Pembatasan: kecuali, asalkan, selain
  13. Penambahan: dan, serta
  14. Pemilihan: atau

Konjungsi yang tepat untuk mengisi teks rumpang tersebut adalah namun, selain itu.

  • Konjungsi namun digunakan untuk menunjukkan hubungan pertentangan. Dalam kalimat kedua dikatakan bahwa desain cover dan ilustrasi yang digunakan dalam karya ini bagus, hal ini menunjukkan penilaian positif terhadap karya, sedangkan pada kalimat selanjutnya penulis menyatakan bahwa pengarang kurang membangun konflik dan menggantung ceritanya, hal ini menunjukkan penilaian negatif terhadap karya. Untuk menggabungkan dua kalimat dengan unsur penilaian yang berbeda, maka konjungsi yang tepat adalah konjungsi pertentangan yakni namun.
  • Konjungsi selain itu digunakan untuk menunjukkan hubungan penambahan, Dalam kalimat ketiga dikatakan bahwa pengarang kurang membangun konflik dan menggantung ceritanya, hal ini menunjukkan penilaian negatif terhadap karya. Kalimat keempat penulis juga menggambarkan kekurangan karya, yakni font yang dipilih terlalu kecil untuk ukuran novelnya. Untuk menggabungkan dua kalimat dengan unsur penilaian yang sama, maka konjungsi yang tepat adalah konjungsi penambahan di awal kalimat yakni selain itu.


Maka teks ulasan yang padu menjadi:

Poppi Pertiwi adalah cerpenis muda dari Bali yang memiliki gaya tersendiri dalam mengulas novel-novelnya. Salah satunya adalah Mozachiko yang memiliki desain cover yang bagus dengan ilustrasi karakter Chiko Gadangga dan latar belakang putih bersih. Namun Poppi Pertiwi kurang membangun konflik antartokohnya dengan baik, sehingga di beberapa bagian terkesan menggantung. Selain itu pemilihan font yang terlalu kecil untuk ukuran novel membuat kurang nyaman mata dalam membaca. Terlepas dari itu semua, plot keseluruhan novel ini sangat baik, para pembaca seakan-akan diajak untuk mengikuti lika-liku kehidupan Chiko yang keras. Bagi pecinta cerita remaja, novel karya Poppi Pertiwi ini layak untuk dibaca.

Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Ulasan Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.926 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini