Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menggali Informasi

Soal

Pilgan

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Peristiwa pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, pasukan sekutu dipimpin oleh Brigadir Jenderal Bethel mendarat di Semarang. Namun, kedatangannya diboncengi oleh tentara NICA (Netherland Indies Civil Administration). Tujuan kedatangannya untuk membebaskan para tawanan.

Saat sekutu dan NICA membebaskan tawanan tentara Belanda, para tawanan justru dipersenjatai. Ketegangan dimulai ketika tawanan Belanda bertindak sombong, serta mengabaikan kedaulatan pemerintah dengan terang-terangan berusaha untuk menduduki kembali Indonesia. Hal ini menimbulkan kemarahan rakyat Indonesia sehingga terjadilah pertempuran.

Pejuang Indonesia dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Sarbini. Pada pertempuran tersebut, Letnal Kolonel Isdiman gugur sehingga Kolonel Sudirman turun langsung ikut bertempur. Siasat yang dipakai adalah mengadakan serangan serentak dari berbagai jurusan. Pada tanggal 12 Desember 1945 pasukan Indonesia melancarkan serangan serentak ke Ambarawa. Pada tanggal 15 Desember 1945 pasukan sekutu berhasil dibuat mundur kembali ke Semarang. Untuk mengenang pertempuran itu, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari Infanteri dan didirikan monumen Palagan Ambarawa.

Berdasarkan teks tersebut, siasat yang digunakan untuk mengusir sekutu adalah ....

A

menyerang serentak

B

mengepung daerah lawan

C

memusatkan persenjataan

D

membuat benteng pertahanan

Pembahasan:

Siasat yang digunakan untuk mengusir sekutu dilakukan dengan menyerang serentak. Informasi tersebut sesuai dengan paragraf ketiga kalimat ketiga:

Siasat yang dipakai adalah mengadakan serangan serentak dari berbagai jurusan.

Video
22 Agustus 2022
Menggali Informasi | Bahasa Indonesia | Kelas V
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal