Bank Soal Bahasa Indonesia SD Kesimpulan Teks

Soal

Pilgan

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Ketika PPKI terbentuk, keinginan rakyat Indonesia untuk merdeka semakin memuncak. Memuncaknya keinginan itu terbukti dengan adanya tekad dari semua golongan untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Golongan muda menghendaki agar kemerdekaan diproklamasikan tanpa kerja sama dengan Jepang sama sekali, termasuk proklamasi kemerdekaan dalam rapat PPKI. Ada anggapan dari golongan muda bahwa PPKI adalah badan bentukan Jepang. Di lain pihak PPKI adalah badan yang ada untuk menyiapkan hal-hal yang perlu bagi suatu negara. Dalam suasana seperti inilah PPKI bekerja sebagai badan yang bertugas menyiapkan ketatanegaraan Indonesia Baru.

Kesimpulan teks di atas adalah ...

A

PPKI harus bekerja keras untuk menyiapkan kabinet Indonesia sehingga anggotanya menolak kerja sama dengan Jepang agar tidak dihalangi dalam proses kemeredekaan.

B

Terbentuknya PPKI membuat rakyat Indonesia ingin segera merdeka. Namun, golongan tua berharap kemerdekaan diproklamasikan tanpa kerjasama dengan Jepang sehingga PPKI harus bekerja untuk menyiapkan ketatanegaraan Indonesia.

C

Semua golongan menginginkan kemerdekaan. Namun, mereka menolak kerja sama dengan Jepang.

D

Terbentuknya PPKI membuat rakyat Indonesia ingin segera merdeka. Namun, golongan muda berharap kemerdekaan diproklamasikan tanpa kerjasama dengan Jepang sehingga PPKI harus bekerja untuk menyiapkan ketatanegaraan Indonesia.

Pembahasan:

Kesimpulan adalah hasil akhir suatu bacaan. Kesimpulan dapat diperoleh dengan memahami isi bacaan secara keseluruhan. Biasanya, dengan membaca kesimpulan teks, seseorang bisa mengerti isi bacaan secara garis besar. Kesimpulan disampaikan dalam bahasa yang lugas dan singkat.

Kesimpulan yang tepat untuk teks bacaan di atas, yaitu:

Terbentuknya PPKI membuat rakyat Indonesia ingin segera merdeka. Namun, golongan muda berharap kemerdekaan diproklamasikan tanpa kerjasama dengan Jepang sehingga PPKI harus bekerja untuk menyiapkan ketatanegaraan Indonesia.


*PPKI harus bekerja keras untuk menyiapkan kabinet Indonesia sehingga anggotanya menolak kerja sama dengan Jepang agar tidak dihalangi dalam proses kemeredekaan. (pernyataan kurang tepat, PPKI seharusnya menyiapkan ketatanegaraan Indonesia, tidak sebatas pada penyiapan kabinet)

*Terbentuknya PPKI membuat rakyat Indonesia ingin segera merdeka. Namun, golongan tua berharap kemerdekaan diproklamasikan tanpa kerjasama dengan Jepang sehingga PPKI harus bekerja untuk menyiapkan ketatanegaraan Indonesia. (yang mengusulkan kemerdekaan tanpa campur tangan dari Jepang yaitu golongan muda)

*Semua golongan menginginkan kemerdekaan. Namun, mereka menolak kerja sama dengan Jepang. (kesimpulan kurang lengkap, serta yang mengusulkan kemerdekaan tanpa campur tangan dari Jepang yaitu golongan muda)

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal