Bank Soal IPA SD Jenis Magnet
Soal
Rangkuman
Bab 5 | Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4
Selengkapnya
Soal Populer Hari Ini
Bentuk sederhana dari adalah...
Matematika
Level 9
Bilangan
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Konsep dan Operasi Bentuk Akar
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Matematika
Bagian teks diskusi yang berisi penyampaian argumen dari kelompok pro dan kontra adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Teks Diskusi
Struktur dan Kebahasaan Teks Diskusi
KD4.9
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Percobaan membuat pelangi buatan dengan kaca.
Langkah kerja:
(1) Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
(2) Buatlah ruangan menjadi gelap tanpa ada lubang cahaya yang masuk ke dalam ruangan.
(3) Masukkan kaca ke dalam toples secara serong miring.
(4) Sorotkan cahaya lampu senter ke hadapan kaca dalam toples. Dan perhatikan apa yang terjadi.
(5) Tuangkan air ke dalam toples kaca yang telah disiapkan.
(6) Pelangi akan muncul dari sudut kaca.
Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Laporan Percobaan
Menulis Laporan Percobaan
KD4.2
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Skrotum adalah bagian seperti kantung yang di dalamnya terdapat testis. Fungsi skrotum adalah ....
IPA
Level 9
Biologi
Sistem Reproduksi Manusia
Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
IPA
Persamaan teks diskusi dengan teks eksposisi adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Teks Diskusi
Menggali Informasi Teks Diskusi
KD3.9
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Pegunungan Atlas di Afrika terdapat di ....
IPS
Level 9
Geografi
Benua-Benua di Dunia
Kondisi Geografis Benua-Benua di Dunia
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
IPS
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Bukan Uang, Sekolah Ini Minta Siswanya Bayar Pakai Sampah Plastik
sumber gambar: https://www.iamrenew.com/
Selama ini, plastik selalu dipandang sebagai masalah dan limbah yang mengotori lingkungan. Tapi sebenarnya sampah juga mempunyai nilai guna apabila didaur ulang. Bahkan bagi sebagian orang, sampah adalah barang yang berharga dan menjadi tumpuan hidup. Contohnya, ada sekolah di India yang meminta sampah plastik sebagai pengganti uang sekolah yang harus dibayar oleh siswa.
Akshar Foundation adalah sekolah yang menerapkan program penerimaan limbah plastik untuk didaur ulang. Sekolah yang berada di Desa Pamohi, Guwahati, India tersebut didirikan oleh Parmita Sharma dan Mazin Mukthar. Program daur ulang limbah yang diterapkan oleh sekolah mereka juga mengajak siswa terlibat dalam pengumpulan dan pemisahan sampah.
Ketika awal membuka Akshar Foundation, Parmita dan Mazin mengalami kesulitan. Sebagian besar orangtua tidak mau memasukkan anak-anak mereka ke sekolah. Penyebabnya adalah karena mereka tidak punya biaya untuk membayar uang sekolah anaknya. Para orang tua memilih mengajak anaknya untuk bekerja di pertambangan. Namun Parmita dan Mizan tak patah semangat. Mereka mempunyai satu misi ingin memberikan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.
Parmita dan Mazin pun akhirnya memulai program sekolah gratis untuk semua anak. Lebih tepatnya bukan gratis, melainkan mengganti uang sekolah dengan sampah plastik. Akshar Foundation mewajibkan para siswanya untuk mengumpulkan 25 buah sampah plastik per minggu dan membawanya ke sekolah. Program tersebut berawal ketika mereka menyadari ada masalah sosial dan lingkungan di sekitar sekolah mereka. Di sekolah, anak-anak belajar tentang pentingnya ramah lingkungan dan berperan aktif di masyarakat. Mereka juga belajar keterampilan yang sesuai dengan kesempatan kerja, seperti memasang panel surya, perkayuan, hingga memperbaiki peralatan elektronik.
Gerakan yang dilakukan Parmita dan Mazin didukung oleh masyarakat sekitar. Banyak toko dan rumah tangga yang menyebarkan pesan mereka dan ikut berperan dalam membersihkan daerah itu. Dukungan juga dirasakan dengan banyaknya anak yang mendaftar di Akshar Foundation. Sekolah yang bermula dengan 20 siswa tersebut kini sudah memiliki hampir 100 siswa yang berusia antara 4 - 15 tahun. Parmita dan Mizan berencana untuk membangun 100 sekolah serupa dalam 5 tahun ke depan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Cerita Inspiratif
Menulis Cerita Inspiratif
KD4.12
Kelas IX
Video
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Read the following text and answer the question.
Source: classof2020.ucsc.edu
The following statements are right about the message, except ...
Bahasa Inggris
Level 9
Bahasa Inggris
Appreciation over achievements or happiness
Expressions of Congratulations
Expressions of Congratulating
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bayangan titik A dicerminkan terhadap sumbu kemudian dilanjutkan pencerminan terhadap sumbu adalah ...
Matematika
Level 9
Geometri
Transformasi Geometri
Refleksi (Pencerminan)
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Matematika
Cermati penggalan pidato berikut!
(1) Generasi muda adalah tunas bangsa yang seharusnya dapat mengharumkan nama bangsa. (2) Menghindari hal-hal negatif dan terus berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik dapat menjadi salah satu cara untuk mengharumkan nama bangsa. (3) Selain itu, generasi muda yang berguna untuk sekitarnya mampu membawa angin segar bagi kemajuan bangsa. (4) Maka, mari berkarya dan berpartisipasi bagi kemajuan bangsa dan negeri kita ini.
Kalimat yang menunjukkan ajakan adalah kalimat bernomor ....
Bahasa Indonesia
Level 9
Menulis
Pidato Persuasif
Unsur-unsur Pidato Persuasif
KD3.3
Kelas IX
Kurikulum 2013
K13
Bahasa Indonesia
Cek Contoh Kuis Online
Kejar Kuis
Cek Contoh Bank Soal
Kejar Soal
Bentuk sederhana dari adalah...
Bagian teks diskusi yang berisi penyampaian argumen dari kelompok pro dan kontra adalah ....
Percobaan membuat pelangi buatan dengan kaca.
Langkah kerja:
(1) Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
(2) Buatlah ruangan menjadi gelap tanpa ada lubang cahaya yang masuk ke dalam ruangan.
(3) Masukkan kaca ke dalam toples secara serong miring.
(4) Sorotkan cahaya lampu senter ke hadapan kaca dalam toples. Dan perhatikan apa yang terjadi.
(5) Tuangkan air ke dalam toples kaca yang telah disiapkan.
(6) Pelangi akan muncul dari sudut kaca.
Urutan langkah-langkah percobaan tersebut yang benar adalah ....
Skrotum adalah bagian seperti kantung yang di dalamnya terdapat testis. Fungsi skrotum adalah ....
Persamaan teks diskusi dengan teks eksposisi adalah ....
Pegunungan Atlas di Afrika terdapat di ....
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Bukan Uang, Sekolah Ini Minta Siswanya Bayar Pakai Sampah Plastik
sumber gambar: https://www.iamrenew.com/
Selama ini, plastik selalu dipandang sebagai masalah dan limbah yang mengotori lingkungan. Tapi sebenarnya sampah juga mempunyai nilai guna apabila didaur ulang. Bahkan bagi sebagian orang, sampah adalah barang yang berharga dan menjadi tumpuan hidup. Contohnya, ada sekolah di India yang meminta sampah plastik sebagai pengganti uang sekolah yang harus dibayar oleh siswa.
Akshar Foundation adalah sekolah yang menerapkan program penerimaan limbah plastik untuk didaur ulang. Sekolah yang berada di Desa Pamohi, Guwahati, India tersebut didirikan oleh Parmita Sharma dan Mazin Mukthar. Program daur ulang limbah yang diterapkan oleh sekolah mereka juga mengajak siswa terlibat dalam pengumpulan dan pemisahan sampah.
Ketika awal membuka Akshar Foundation, Parmita dan Mazin mengalami kesulitan. Sebagian besar orangtua tidak mau memasukkan anak-anak mereka ke sekolah. Penyebabnya adalah karena mereka tidak punya biaya untuk membayar uang sekolah anaknya. Para orang tua memilih mengajak anaknya untuk bekerja di pertambangan. Namun Parmita dan Mizan tak patah semangat. Mereka mempunyai satu misi ingin memberikan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.
Parmita dan Mazin pun akhirnya memulai program sekolah gratis untuk semua anak. Lebih tepatnya bukan gratis, melainkan mengganti uang sekolah dengan sampah plastik. Akshar Foundation mewajibkan para siswanya untuk mengumpulkan 25 buah sampah plastik per minggu dan membawanya ke sekolah. Program tersebut berawal ketika mereka menyadari ada masalah sosial dan lingkungan di sekitar sekolah mereka. Di sekolah, anak-anak belajar tentang pentingnya ramah lingkungan dan berperan aktif di masyarakat. Mereka juga belajar keterampilan yang sesuai dengan kesempatan kerja, seperti memasang panel surya, perkayuan, hingga memperbaiki peralatan elektronik.
Gerakan yang dilakukan Parmita dan Mazin didukung oleh masyarakat sekitar. Banyak toko dan rumah tangga yang menyebarkan pesan mereka dan ikut berperan dalam membersihkan daerah itu. Dukungan juga dirasakan dengan banyaknya anak yang mendaftar di Akshar Foundation. Sekolah yang bermula dengan 20 siswa tersebut kini sudah memiliki hampir 100 siswa yang berusia antara 4 - 15 tahun. Parmita dan Mizan berencana untuk membangun 100 sekolah serupa dalam 5 tahun ke depan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Tokoh utama dalam cerita di atas adalah ....
Read the following text and answer the question.
Source: classof2020.ucsc.edu
The following statements are right about the message, except ...
Bayangan titik A dicerminkan terhadap sumbu kemudian dilanjutkan pencerminan terhadap sumbu adalah ...
Cermati penggalan pidato berikut!
(1) Generasi muda adalah tunas bangsa yang seharusnya dapat mengharumkan nama bangsa. (2) Menghindari hal-hal negatif dan terus berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik dapat menjadi salah satu cara untuk mengharumkan nama bangsa. (3) Selain itu, generasi muda yang berguna untuk sekitarnya mampu membawa angin segar bagi kemajuan bangsa. (4) Maka, mari berkarya dan berpartisipasi bagi kemajuan bangsa dan negeri kita ini.
Kalimat yang menunjukkan ajakan adalah kalimat bernomor ....