Perhatikan cuplikan laporan berikut!

Pada hari Selasa, 28 November 2017 sekitar pukul 10:00 WIB, siswa kelas VI SD Pangudi Luhur mengunjungi pinggiran Sungai Bengawan Solo untuk melakukan pengamatan. Dari pengamatan, diketahui bahwa ketinggian air Sungai Bengawan Solo berada di atas normal. Pinggiran sungai sudah tidak terlihat lagi karena tertutup air sungai. Air luapan sungai berwarna kecokelatan dan mulai masuk ke permukiman penduduk.

Simpulan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan tersebut adalah ....

A

 air Sungai Bengawan Solo berwarna cokelat

B

banjir Sungai Bengawan Solo menenggelamkan rumah penduduk

C

ketinggian air Sungai Bengawan Solo sudah di atas normal

D

air mulai masuk ke pemukiman daerah hulu Sungai Bengawan Solo

Pembahasan:

Berdasarkan laporan hasil pengamatan, diketahui bahwa simpulan informasi adalah "ketinggian air Sungai Bengawan Solo sudah di atas normal." Pernyataan ini sesuai dengan isi kalimat kedua.

* Warna cokelat air bukan merupakan simpulan yang tepat karena merupakan detil yang tidak penting dibandingkan dengan pengamatan mengenai masuknya air sungai ke pemukiman penduduk. Masuknya air menandakan kemungkinan banjir yang akan menyebabkan kerugian besar, sedangkan warna air tidak berhubungan dengan kemungkinan banjir atau kerugian bagi penduduk.

* Banjir menenggelamkan rumah penduduk bukan merupakan simpulan yang tepat karena tidak ada dalam teks. Dalam teks, disinggung kalau air mulai masuk ke pemukiman penduduk tapi belum berarti rumah-rumah akan tenggelam.

* Air mulai masuk ke pemukiman di hulu bukan merupakan simpulan yang tepat karena area hulu tidak disinggung dalam teks.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.225 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini