Bank Soal Bahasa Indonesia SD Prediksi

Soal

Pilgan

Pada hari Senin, para siswa berdiri di halaman sekolah untuk melaksanakan upacara. Dalam pesan sambutan, kepala sekolah membicarakan bahwa pada hari ini akan diadakan kerja bakti. Setiap kelas dipisah menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok mendapat tugasnya masing-masing.

Perbaikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

A

berbaris, membicarakan, diurutkan

B

berjejer, membahas, digolongkan

C

berbaris, mengatakan, dibagi

D

berderet, mengatakan, dikelompokkan

Pembahasan:

Pemilihan kata dalam sebuah kalimat penting untuk diperhatikan. Kata yang dipakai harus sesuai konteks atau situasi yang dibicarakan. Terkadang ada beberapa kata yang memiliki makna hampir sama tetapi digunakan dalam konteks kalimat yang berbeda-beda.

“... para siswa berdiri di halaman sekolah ....” Kata berdiri kurang tepat; seharusnya ini menggunakan kata berbaris. Jika memakai kata berdiri, maka siswa bebas berdiri di mana pun, tanpa adanya aturan. Sedangkan konteks kalimat ini adalah siswa berdiri untuk mengikuti upacara. Oleh karena itu, kata yang tepat adalah berbaris, yang berarti berderet (berjajar) dengan teratur.

“..., kepala sekolah membicarakan bahwa ....” Kata membicarakan kurang tepat, seharusnya mengatakan. Kata membicarakan biasanya lebih dipakai dalam konteks dialog, dimana pihak lainnya saling berbalas. Kata mengatakan biasanya lebih dipakai ketika pembicaranya sedang mengutarakan pesannya.

“Setiap kelas dipisah menjadi tiga kelompok.” Kata dipisah kurang tepat, seharusnya dibagi. Kata pisah biasanya dipakai dalam konteks hubungan atau jarak, sedangkan kata bagi biasanya dipakai dalam konteks pengaturan dalam kelompok (kelas).

Jadi, perbaikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah berbaris, mengatakan, dan dibagi.

Video
16 Maret 2020
Sudut | Matematika | Kelas IV
Rangkuman
08 April 2020
Bangun Datar | Matematika | Kelas 4 | Tema 4 Berbagai Pekerjaan | Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal