Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menjelaskan Teks Eksplanasi Ilmiah

Soal

Pilgan

Perhatikan teks berikut!

Fenomena alam pelangi selalu menarik perhatian orang. Pelangi adalah proses pembiasan cahaya yang berasal dari percikan-percikan air terkena cahaya matahari lalu membentuk sebuah busur cahaya. Busur cahaya ini mempunyai 7 warna yang sering disingkat menjadi mejikuhibiniu, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Proses terjadinya pelangi dimulai dari pembiasan sinar matahari. Sinar matahari dibelokkan oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika cahaya matahari melewati tetesan air, maka cahaya akan dibelokkan. Hal ini membuat warna-warna cahaya berpisah satu sama lain.

Setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan berbagai warna di pelangi dapat terlihat. Warna pertama yang akan dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan yang terakhir adalah merah.

Pelangi dapat kita lihat saat sedang hujan ketika posisi matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap. Oleh karena itu, posisi kita harus ada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita.

Ide pokok paragraf ke-1 teks di atas adalah ....

A

definisi pelangi

B

proses terbentuknya pelangi

C

proses akhir terbentuknya pelangi

D

cara melihat pelangi

Pembahasan:

Ide pokok paragraf adalah pikiran utama atau inti dari suatu paragraf. Ide pokok biasanya terletak di awal atau di akhir teks. Ide pokok terdapat pada kalimat yang paling umum.

Pada soal ini, ide pokok paragraf ke-1 terdapat pada kalimat kedua yang menjelaskan pengertian/definisi pelangi. Kalimat selanjutnya memperjelas warna-warna busur cahaya yang ada pada definisi pelangi. Jadi jawaban yang tepat adalah "definisi pelangi".

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal