Bank Soal IPA SMP Sistem Gerak pada Tumbuhan

Soal

Pilihan Ganda

Pengertian gerak taksis adalah ....

A

gerak pindah tempat seluruh tubuh tumbuhan yang arahnya ditentukan oleh rangsang

B

gerak bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi arah datangnya rangsang

C

gerak bagian tumbuhan yang arahnya menjauhi rangsang

D

gerak seluruh tubuh tumbuhan, tetapi arahnya tidak ditentukan rangsang

Pembahasan:

Gerak taksis adalah gerak berpindah tempat seluruh bagian tubuh yang arahnya ditentukan oleh rangsangan. Berbeda dengan nasti yang arah geraknya terjadi akibat perbedaan kecepatan turgor, dan gerak tropisme merupakan gerak akibat proses tumbuh. Kedua gerak tersebut (nasti dan tropisme) adalah gerak yang tidak menyebabkan tumbuhan berpindah tempat, berbeda dengan gerak taksis yang dapat menyebabkan tumbuhan bergerak berpindah tempat.

Gerak taksis merupakan gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan luar. Arah gerak tumbuhan akan ditentukan oleh arah gerak rangsangan. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak taksis dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak fototakssis, kemotaksis, galvanotaksis.


Fototaksis

Gerak fototaksis adalah gerak tumbuhan yang memungkinkan berpindah tempat dikarenakan adanya rangsangan. Bila sekelompok euglena dalam suatu tempat dikenai cahaya pada lokasi yang berbeda, maka euglena akan bergerak berpindah ke tempat yang terkena cahaya. Gerak euglena tersebut disebut gerak fototaksis.


Kemotaksis

Gerak kemotaksis adalah gerak tumbuhan yang memungkinkan tumbuhan berpindah tempat yang di sebabkan rangsangan berupa zat kimia. Gerak kemotaksis terjadi pada lumut, yaitu saat terjadinya prose fertilisasi. Gamet jantan berflagela yang dikeluarkan dari anteridium lumut akan berenang melewati cairan, misalnya air hujan atau embun ke arah arkegonium. Arah renang gamet jantan mendekati gamet betina merupakan tanggapan terhadap rangsangan zat kimia pemikat (atraktan) yang dikeluarkan oleh arkegonium.


Galvanotaksis

Gerak galvanotaksis adalah gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh arus listrik. Dengan kata lain, galvanotaksis adalah gerak taksis yang disebabkan oleh muatan listrik. Contoh : Gerak Volvox globator (Algae hijau berkoloni) menuju ke tempat yang bermuatan listrik.

Video
17 Agustus 2020
Sistem Gerak pada Tumbuhan
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal