Bank Soal IPA SMP Sistem Tata Surya

Soal

Pilihan Ganda

Susunan benda-benda langit yang terdiri atas Matahari sebagai pusat, planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengelilingi Matahari disebut dengan ....

A

tata surya

B

galaksi

C

pusat orbit

D

alam semesta

Pembahasan:

Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri atas Matahari sebagai pusat tata surya, planet-planet, komet, meteoroid, dan asteroid yang mengelilingi Matahari. Pergerakan objek di dalam tata surya dipengaruhi oleh gravitasi Matahari. Letak Matahari tidak tepat di pusat orbit, tetapi sedikit offset. Bentuk orbit planet mengelilingi Matahari tidak melingkar, tetapi berbentuk oval/elips.

Tata surya adalah bagian dari galaksi Bima Sakti (The Milky Way). Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat miliaran bintang yang salah satunya adalah Matahari. Diameter galaksi Bima Sakti sekitar 80.000 tahun cahaya dan Matahari terletak pada 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bima Sakti.

Sementara alam semesta merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan seluruh ruang waktu kontinu tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya.

Secara ringkas, tata surya adalah bagian kecil dari galaksi Bima Sakti dan galaksi Bima Sakti adalah bagian kecil dari alam semesta.

Video
26 April 2021
Kenapa Meteoroid Diselimuti Api?
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal