Diantara titik berikut yang mempunyai jarak 8 satuan terhadap sumbu-y adalah?
A
(3, 8)
B
(8, -2)
C
(4, 4)
D
(-7, -1)
Pembahasan:
Coba perhatikan soal baik-baik.
Titik yang dibutuhkan adalah titik yang berjarak 8 satuan dari sumbu-y. Sekarang perhatikan perbedaan kedudukan antara titik- titik pada gambar di bawah ini.
- Titik (3, 8) berjarak 8 satuan dari sumbu-x dan 3 satuan dari sumbu-y
- Titik (4, 4) berjarak 4 satuan dari sumbu-x dan 4 satuan dari sumbu-y
- Titik (-7, -1) berjarak 1 satuan dari sumbu-x dan 7 satuan dari sumbu-y
- Titik (8, -2) berjarak 2 satuan dari sumbu-x dan 8 satuan dari sumbu-y
Titik yang berjarak 8 satuan dari sumbu-x memiliki nilai ordinat 8. Sedangkan titik yang berjarak 8 satuan dari sumbu-y memiliki nilai absis 8.
Sehingga pilihan yang tepat untuk soal ini yaitu (8, -2).
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 43.531 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Salah satu unsur kebahasaan dalam cerita inspiratif adalah menggunakan majas perumpamaan. Yang dimaksud dengan majas perumpamaan adalah ....
Hasil dari
Jika sekolah dimulai pukul dan berakhir pukul , berapa bagian dari satu hari waktu sekolah tersebut?
Di bawah ini yang tidak termasuk struktur pidato persuasif adalah ....
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswa SD Berprestasi Meski Menulis Hanya Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Melisa duduk di kelas 8. Ia bercita-cita menjadi guru. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Melisa mengikuti pelajaran di sekolah bersama teman-temannya seperti biasa. Namun saat menulis di buku tulis, dia menggunakan jari kaki. Oleh sekolah, meja khusus dia menulis dibuat lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di papan tulis untuk mengerjakan tugas dari guru, ia juga menggunakan kaki. Kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Meski menggunakan kaki sejak lahir, tulisan Melisa rapi.
Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun dia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru Bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang bagus. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggi, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat menghilangkan keterbatasan-keterbatasan itu tadi.
Yang membuat Wakil Bupati Probolinggo menemui Melisa adalah ....