Cermati teks berikut!

Hutan mangrove memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai agar tetap stabil dan mengurangi risiko akibat dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota laut yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencaharian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....

A

mangrove menimbulkan dampak tsunami yang beresiko bagi lingkungan

B

mangrove dapat ditebang dan dijual kayunya untuk sumber mata pencaharian

C

mangrove dan terumbu karang berperan sebagai habitat biota laut

D

mangrove dapat mencegah kerusakan ekosistem laut

Pembahasan:

Untuk mencari pernyataan yang sesuai dengan teks, temukanlah hal yang berkaitan dengan isi teks yang dimaksud. Ini artinya, cek masing-masing pilihan jawaban lalu temukan kalimat dalam teks yang sesuai atau tidak terhadap pernyataan tersebut.

  1. Mangrove menimbulkan dampak tsunami yang beresiko bagi lingkungan. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak sesuai dengan isi paragraf pada kalimat kedua, yaitu mangrove tidak menimbulkan dampak tsunami. Mangrove adalah hutan bakau di pinggir pantai, sedangkan tsunami adalah gelombang laut dashyat yang biasanya disebabkan gempa bumi atau letusan gunung berapi dalam laut.
  2. Mangrove dapat ditebang dan dijual kayunya untuk sumber mata pencaharian. Dalam kalimat kelima pada paragraf, hanya disebut bahwa mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencaharian namun tidak disebut bagaimana caranya. Jadi pernyataan ini kurang tepat karena tidak disinggung dalam teks.
  3. Mangrove dapat mencegah kerusakan ekosistem laut. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak ada dalam paragraf. Yang paling mendekati adalah kalimat ketiga mengenai fungsi biologis, tapi di sini hanya disebut mengenai fungsi mangrove sebagai habitat dan sumber keanekaragaman makhluk hidup dalam laut.
  4. Mangrove dan terumbu karang berperan sebagai habitat biota laut. Pernyataan ini tepat karena sesuai dengan isi kalimat ketiga dalam teks.

Jadi jawaban yang tepat adalah mangrove dapat mencegah kerusakan ekosistem laut.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.576 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini