Bank Soal IPA SD Prediksi

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan ilustrasi berikut!

Peristiwa pada gambar membuktikan bahwa cahaya dapat ....

A

dipantulkan

B

dibiaskan

C

diuraikan

D

dirambatkan

Pembahasan:

Cahaya putih (polikromatik) ketika mengenai kaca prisma akan diuraikan menjadi cahaya monokromatik yang terdiri dari cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Peruraian cahaya dikarenakan adanya perbedaan indeks bias dari tiap cahaya. Cahaya merah memiliki indeks bias paling kecil dan cahaya ungu memiliki indeks bias paling besar. Indeks bias adalah perbandingan antara kecepatan cahaya dalam ruang hampa udara dibandingkan dengan kecepatan cahaya pada suatu medium. Contoh peruraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah peristiwa pelangi. Terbentuknya pelangi disebabkan oleh penguraian cahaya matahari oleh butiran-butiran air hujan.

Sifat-sifat cahaya yang lain sebagai berikut.

  • Cahaya dapat merambat lurus dan tidak membutuhkan zat perantara/medium untuk merambat. Contoh cahaya dapat merambat lurus adalah cahaya dari lampu senter atau lampu sorot kendaraan bermotor.
  • Cahaya dapat dipantulkan, yaitu terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Contoh pemantulan cahaya adalah bayangan yang terbentuk ketika bercermin.
  • Cahaya dapat menembus benda bening, misalnya kaca, air, mika, dan lensa.
  • Cahaya dapat dibiaskan, yaitu arah rambat cahaya dibelokkan saat melalui dua medium yang berbeda kerapatannya. Contoh peristiwa pembiasan cahaya adalah dasar kolam yang airnya jernih akan terlihat lebih dangkal.
Video
16 Maret 2020
Komponen dan Interaksi Ekosistem
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal