Cermati teks berikut!

Putih Salju

Alkisah, hiduplah seorang putri raja yang sangat cantik dan baik hati. Namanya Putih Salju. Ibu kandung Putih Salju meninggal ketika melahirkannya, dan setelah itu ayahnya menikah kembali. Ibu tirinya juga sangat cantik tapi kejam dan dengki hatinya. Setiap hari ia bertanya pada cermin ajaibnya,"Wahai cermin ajaib, siapakah wanita tercantik di dunia ini?" Jawab cermin ajaib,"Kamulah yang paling cantik, Ratu." Mendengarnya, sang ratu pun merasa senang.

Suatu hari, jawaban cermin ajaib berubah,"Putih Salju adalah wanita tercantik." Betapa marahnya sang ratu! Segera ia perintahkan seorang pemburu untuk membunuh Putih Salju di hutan dan membawa pulang jantungnya. Sesampainya di hutan, sang pemburu tidak tega untuk membunuh Putih Salju. Sebagai gantinya, ia bunuh seekor rusa dan jantungnya ia berikan ke ratu.

Putih Salju yang ditinggal sendirian akhirnya menemukan rumah tujuh kurcaci di tengah hutan. Karena Putih Salju baik hati dan rajin, semua kurcaci menyukai Putih Salju dan mengajaknya untuk tinggal bersama. Pada saat yang bersamaan, sang ratu bertanya kembali pada cermin ajaib,"Wahai cermin ajaib, siapakah wanita tercantik di dunia ini?" Alangkah geramnya ia ketika jawaban cermin ajaib tetaplah Putih Salju. Pemburu itu telah menipuku, begitu pikir sang ratu. Ia pun segera membuat rencana baru untuk membunuh Putih Salju.

Ratu jahat yang menyamar sebagai nenek tua kini membawa keranjang berisi apel beracun untuk dimakan Putih Salju. Putih Salju tertipu dan memakan apel beracun, lalu jatuh tak bernyawa. Para kurcaci merasa sangat sedih hingga mereka membangun peti kaca untuk meletakkan tubuh Putih Salju. Setelah sekian lama pun, Putih Salju tak terlihat berubah dan seperti terlelap saja.

Suatu hari seorang pangeran tampan lewat di depan peti kaca dan melihat Putih Salju. Ia langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Sang pangeran membuka tutup peti dan mencium Putih Salju. Ajaib! Putih Salju membuka matanya dan terbangun. Para kurcaci sangat bahagia. Putih Salju dan sang pangeran akhirnya menikah dan hidup bahagia di kerajaan asal pangeran.

Berdasarkan cerita dongeng di atas, kejadian setelah Putih Salju memakan apel beracun adalah ....

A

Putih Salju tidak terpengaruh racun apel karena dilindungi oleh peri hutan

B

Putih Salju segera jatuh tergeletak dan tidak bangun lagi sampai dicium oleh sang pangeran

C

para kurcaci berhasil menyelamatkan Putih Salju

D

Putih Salju meninggal dan ceritanya selesai

Pembahasan:

Isi teks Putih Salju memakan apel beracun terdapat pada paragraf keempat kalimat kedua. Untuk mengetahui alasannya, perlu kita cermati situasi yang terjadi sebelum atau sesudah teks ini.

Perhatikan kalimat yang sama, yaitu paragraf keempat kalimat kedua:

Putih Salju tertipu dan memakan apel beracun, lalu jatuh tak bernyawa.

dan paragraf terakhir kalimat ketiga hingga kelima:

Sang pangeran membuka tutup peti dan mencium Putih Salju. Ajaib! Putih Salju membuka matanya dan terbangun.

Dari kalimat-kalimat di atas dapat disimpulkan bahwa Putih Salju jatuh tak bernyawa setelah menyantap apel beracun, tapi akhirnya berhasil diselamatkan oleh sang pangeran yang menciumnya.

Jadi jawaban yang tepat adalah Putih Salju segera jatuh tergeletak dan tidak bangun lagi sampai dicium oleh sang pangeran.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.224 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini