Kucing dan Tong

Seekor kucing yang kelaparan melihat ada tong di bawah pohon. Ia berpikir mungkin ada makanan di dalam tong itu. Ia berusaha membuka tong tertutup itu, tapi tidak berhasil. Akhirnya ia memutuskan untuk memukul-mukul tong hingga berbunyi nyaring. Mendengar bunyi pukulan tong, seekor serigala datang mendekati. "Wahai serigala yang gagah, kamu tiba di saat yang tepat! Ada makanan di dalam tong ini. Mohon bantu aku buka tutup tongnya," ujar si kucing. Serigala memukul tutup tong hingga terbuka. Ternyata tongnya kosong! Serigala merasa kesal dan berujar,"Kamu telah menipuku! Sebagai gantinya, kamu jadi makananku saja!" Serigala menerkam kucing dan memakannya.

Pesan yang terdapat dalam cerita "Kucing dan Tong" adalah ....

A

jangan makan makanan yang ada di tong sampah

B

sesulit apapun keadaan kita, jangan meminta bantuan orang lain

C

tidak boleh menipu orang lain untuk mendapatkan keinginan kita

Pembahasan:

Pesan yang terdapat dalam cerita "Kucing dan Tong" adalah tidak boleh menipu orang lain untuk mendapatkan keinginan kita.

Dalam cerita, kucing sebenarnya belum tahu apakah di dalam tong ada makanan atau tidak. Namun, kucing berlaku seakan-akan pasti ada makanan dalam tong. Ia meminta serigala untuk membuka tongnya. Setelah tong terbuka ternyata tidak ada makanan. Karena merasa tertipu, serigala kesal dan akan memakan kucing. Dari cerita ini kita bisa tahu bahwa kalau menipu orang lain untuk kepentingan kita, justru kita yang akan mendapatkan dampak buruknya.

Bahasa Indonesia Kelas 2 Menulis Dongeng Binatang Menemukan Isi Cerita KD 3.8 Tema 7
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.364 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini