Bank Soal Bahasa Indonesia SMA Mengonstruksi Informasi dalam Teks Eksplanasi

Soal

Pilgan

Tari Cakalele

(Sumber gambar: mediasiana.com)

Tari cakalele merupakan tari tradisional yang berasal dari provinsi Maluku Utara. Pada awalnya, tari cakalele digunakan sebagai tarian tradisi sebelum dan sesudah prajurit terjun ke medan perang. Seiring berjalannya waktu, tari cakalele menjadi pertunjukan adat masyarakat Maluku Utara dan sekitarnya. Tari cakalele biasanya dilakukan penari laki-laki yang dipimpin oleh seorang kapitan, tetapi tak jarang pula ada perempuan yang menarikannya. Tarian ini berfungsi sebagai bentuk hormat dan apresiasi masyarakat setempat terhadap nenek moyang mereka yang merupakan prajurit pemberani dan tangguh. Hal tersebut dapat dilihat dari gerakan-gerakan tari cakalele yang rancak dan keras. Selain itu, dapat dilihat dari ekspresi dan semangat penari saat menarikan tarian ini.

Para penari laki-laki mengenakan kostum perang yang dirancang secara khusus dan didominasi oleh warna kuning tua serta merah. Biasanya, penari laki-laki memakai baju perang yang dilengkapi dengan senjata, seperti parang, tombak, dan salawaku. Untuk kapitan perang akan dilengkapi dengan properti di bagian kepala yang berupa hiasan mahkota berbahan bulu ayam, sedangkan penari lainnya hanya memakai ikat kepala berwarna merah. Sementara itu, penari perempuan biasanya memakai pakaian adat Maluku berwarna putih serta kain panjang yang menutup bagian bawah tubuhnya dan dilengkapi dengan properti seperti sapu tangan lenso yang digunakan selama tarian berlangsung.

Tari cakalele berdurasi selama 5-7 menit. Dalam festival, tari cakalele sering ditarikan dengan bertujuan sebagai hiburan. Tari cakalele juga kerap ditampilkan di berbagai acara baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hingga saat ini, tari cakalele menjadi bagian dari kesenian masyarakat Maluku yang digunakan sebagai promosi budaya Maluku.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Berdasarkan bagian-bagian pokok teks eksplanasi, paragraf ketiga menunjukkan bagian ....

A

abstraksi

B

pernyataan umum

C

penjelas

D

interpretasi

E

reorientasi

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu fenomena, baik itu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, maupun fenomena lainnya. Terdapat bagian-bagian yang membentuk teks eksplanasi. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Pernyataan umum merupakan bagian yang berisi gambaran awal tentang apa yang akan disampaikan.
  • Deretan penjelas merupakan bagian inti dari penjelasan apa yang disampaikan dalam teks eksplanasi.
  • Interpretasi merupakan bagian yang berisi pandangan atau simpulan yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas.

Paragraf ketiga berisi simpulan dari penjelasan mengenai tari cakalele yang disampaikan pada paragraf sebelumnya. Dengan demikian, berdasarkan bagian-bagian pokok teks eksplanasi, paragraf ketiga menunjukkan bagian interpretasi.

Video
16 Maret 2022
Mengonstruksi Informasi dalam Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia | Kelas XI
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal