Bank Soal Bahasa Inggris SMP Expression of existence

Soal

Pilihan Ganda

Read the following description of Michelle’s living room.

Source: freepik.com

This is Michelle’s living room. (1) There aren’t many furnitures in it because she likes to keep everything clean and tidy. (2) There are only a small cabinet, a big yellow couch, and a single sofa chair to sit with her family. Her cat would also rest on the couch because it is very comfortable. (3) There is no painting on the wall but Michelle prefers to add green plants to the decoration. They become new trends lately and her favorite is definitely a palm leaf. (4) There are also books on the wall. She usually reads them while enjoying a nice cup of tea in the morning. 

Which of the sentence numbers above is not grammatically correct?

A

(1)

B

(2)

C

(3)

D

(4)

Pembahasan:

Terjemahan dari soal di atas adalah sebagai berikut.

Bacalah deskripsi berikut tentang ruang tamu Michelle!

Ini adalah ruang tamu Michelle. (1) Tidak banyak furnitur di dalamnya karena dia suka menjaga semuanya bersih dan rapi. (2) Hanya ada lemari kecil, sofa kuning besar dan satu kursi sofa untuk duduk bersama keluarganya. Kucingnya juga suka beristirahat di sofa karena sangat nyaman. (3) Tidak ada lukisan di dinding tetapi Michelle lebih suka menambahkan tanaman hijau ke dalam dekorasi. Tanaman-tanaman itu menjadi tren baru akhir-akhir ini dan favoritnya adalah daun palem. (4) Ada juga buku di dinding. Dia biasa membacanya sambil menikmati secangkir teh di pagi hari.

Manakah dari nomor kalimat di atas yang tidak benar secara tata bahasa?

Berikut merupakan terjemahan dari masing-masing nomor.

  1. There aren’t many furnitures in it - ada tidak banyak perabot di dalamnya.
  2. There are only a small cabinet, a big yellow couch, and a single sofa chair - hanya ada kabinet kecil, sofa kuning besar, dan kursi sofa tunggal.
  3. There is no painting on the wall - tidak ada lukisan di dinding.
  4. There are also books on the wall - ada juga buku-buku di dinding.

Keempat kalimat di atas berfungsi untuk memberi informasi tentang existence atau keberadaan suatu barang. Kata yang digunakan antara lain “there is” dan “there are”. Namun, beberapa kalimat di atas merupakan kalimat negatif. Kata negasi yang digunakan adalah “not any” atau sekedar “no”. 

Semua kalimat benar dalam hal penggunaan kata benda tunggal/jamak dan ‘to-be’. Namun, terdapat kesalahan dari penggunaan kata benda yang bisa dihitung/tidak bisa dihitung (countable/uncountable nouns). Berikut adalah penjelasan dari masing-masing nomor.

  1. There aren’t many furnitures in it → kalimat ini salah karena kata “furniture” merupakan kata benda yang tidak bisa dihitung. Artinya adalah kata tersebut tidak dapat dibuat jamak (plural). Maka, kalimat ini seharusnya ditulis “There isn’t much furniture in it” yang berarti “tidak banyak perabot di dalamnya”.
  2. There are only a small cabinet, a big yellow couch, and a single sofa chair → kalimat ini benar walaupun masing-masing barang jumlahnya 1 (a cabinet, a couch, a chair). Jika semua barang disatukan dalam satu kalimat, mereka menjadi jamak dan ‘to-be’ yang digunakan adalah “are”.  
  3. There is no painting on the wall → Untuk mengungkapkan barang yang sama sekali tidak ada, kita bisa menggunakan kata negasi "no" seperti ini. Misalnya lagi “there is no pen” atau “there are no pens”. Penggunaan ‘to-be’ disesuaikan dengan jumlah kata benda tersebut.
  4. There are also books on the wall → kalimat ini sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. “books” merupakan benda yang bisa dihitung sehingga dapat dijadikan jamak dan dipasangkan dengan to beare”.

Kesimpulannya, kalimat yang tidak tepat secara tata bahasa adalah nomor (1) There aren’t many furnitures in it.

K13 Kelas VIII Bahasa Inggris Bahasa Inggris Existence of things and people around us Expression of existence Skor 3
LOTS Mengaplikasikan
Video
24 Juli 2020
Expression of existence
Rangkuman
14 Oktober 2020
Singular & Plural Nouns | Bahasa Inggris | Kelas 7 | KD 3.4. & KD 4.4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal