Bank Soal Biologi SMA Cara Hidup dan Reproduksi Bakteri

Soal

Pilgan

Vitamin K merupakan vitamin yang berperan dalam proses pembekuan darah dan salah satunya bisa dihasilkan bakteri di usus besar manusia. Jika bakteri ini diisolasi dan ditumbuhkan pada medium Luria bertani padat dengan metode tusukan, maka pertumbuhannya akan menunjukkan pola nomor ....

sumber: docplayer.info

A

1

B

2

C

3

D

4

E

1 dan 2

Pembahasan:

Bakteri yang berperan dalam pembentukan vitamin K dalam usus besar manusia adalah bakteri Escherichia coli. Bakteri ini merupakan bakteri gram negatif yang berbentuk batang. E.coli. merupakan bakteri anaerob fakultatif, artinya bakteri ini bisa hidup dalam keadaan ada oksigen ataupun tanpa oksigen.

Oleh karena itu, jika dilakukan percobaan uji kebutuhan oksigen dengan metode tusukan, maka akan didapatkan hasil percobaan seperti gambar nomor 3. Bakteri anaerob fakultatif berkumpul terutama di atas, karena adanya respirasi aerobik yang menguntungkan. Namun tidak adanya oksigen tidak menghambat bakteri tersebut sehingga dapat ditemukan di sepanjang tabung reaksi.

Jadi jawaban pertanyaan di atas adalah nomor 3.


*Gambar 1 merupakan hasil untuk bakteri aerob, di mana bakteri akan berkumpul di bagian permukaan agar lebih mudah mendapatkan oksigen.

*Gambar 2 merupakan hasil untuk bakteri mikroaerofil, di mana bakteri berkumpul di bagian atas tabung reaksi tetapi tidak sampai ke permukaan. Bakteri jenis ini hanya membutuhkan oksigen pada konsentrasi yang lebih rendah.

*Gambar 4 merupakan hasil untuk bakteri anaerob obligat, di mana bakteri berkumpul di bawah untuk menghindari oksigen.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal