Bank Soal Biologi SMA Gametogensis Tumbuhan Tingkat Tinggi

Soal

Pilgan

Pada teknologi tanaman transgenik dengan menggunakan kolkisin, pembentukan benang gelendong akan terhambat bahkan tidak terbentuk sama sekali. Hal ini berarti kolkisin akan mengganggu pembelahan sel pada fase ....

A

profase dan metafase

B

interfase dan interkinase

C

metafase dan anafase

D

anafase dan telofase

E

telofase dan sitokinesis

Pembahasan:

Pada tanaman transgenik yang menggunakan kolkisin, akan mengalami gangguan pada proses pembelahan sel. Kandungan kolkisin ini akan menghambat mitosis pada sel meristematis. Kolkisin akan merusak pembentukan benang gelendong dengan cara menhancurkan dan menyebarkan bagian-bagian dari unit-unit yang menyusun benang gelendong. Hal ini dikarenakan kolkisin mampu memutuskan protein mikrotubula yang membentuk benang gelendong.

Tidak terbentuknya benang gelendong terjadi pada tahap metafase. Karena tidak terbentuk, pemisahan kromosom pada tahap anafase tidak akan terjadi dan mengakibatkan penggandaan kromosom tanpa terjadinya pembelahan sel. Penggandaan jumlah kromosom tanpa pembelahan sel mengakibatkan terjadinya tekanan dinding sel ke arah luar sehingga ukuran sel menjadi lebih besar dari ukuran normal. Biasanya diaplikasikan pada tanaman poliploid. 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah metafase dan anafase. 

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal