Bank Soal Biologi SMA Gametogenesis Hewan dan Manusia

Soal

Pilgan

Bila pada gametogenesis hewan terjadi proses mitosis, maka proses tersebut terjadi pada saat pembentukan ....

A

oogonium

B

ootid

C

oosit sekunder

D

badan polar II

E

tidak terjadi mitosis pada gametogenesis

Pembahasan:

Pembentukan gamet betina atau oogenesis berlangsung di dalam ovarium. Gamet betina atau ovum dibentuk di dalam satu paket sel yang disebut folikel yang terdapat dalam ovarium. Folikel disusun oleh satu sel yang dapat bermeiosis disebut oogonium (sel induk ovum) yang mempunyai kromosom diploid. Oogonium terbentuk melalui pembelahan mitosis yang terjadi pada sel-sel priomordial.

Oogonium (2n) akan bermitosis dan berkembang menjadi sel yang siap bermeiosis, yang disebut oosit primer. Oosit primer ini akan mengalami pembelahan meiosis I menjadi oosit sekunder dan badan kutub primer. Pada akhir meiosis II, dari oosit sekunder dihasilkan satu sel ootid dan satu badan kutub sekunder. Sedangkan dari badan kutub primer menghasilkan 2 badan kutub sekunder. Jadi, satu sel oosit primer yang mengalami pembelahan meiosis akan menghasilkan 1 ootid (sel telur) dan 3 badan kutub.

Selanjutnya, ootid akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi sel telur yang masak, sedangkan 3 badan kutub sekunder akan hancur. Telur merupakan sel paling besar karena telur mengandung sumber persediaan makanan, ribosom, RNA, dan komponen sitoplasma lainnya untuk membantu perkembangan embrio. Dengan demikian, meskipun proses ini termasuk dalam gametogenesis, mitosis tetap terjadi pada saat memperbanyak oogonium.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah oogonium.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal