SD Harapan akan mengadakan pertemuan orang tua murid menjelang ujian akhir kelas VI. Tujuan dari pertemuan ini adalah mengajak orang tua murid kelas VI untuk membimbing dan mendampingi anaknya dalam proses belajar ujian akhir. Undangan ditujukan pada seluruh orang tua kelas VI dan para guru. Kepala sekolah SD Harapan akan memberikan pidato dalam pertemuan ini.
Bagian penutup pidato yang tepat oleh kepala sekolah tersebut adalah ...
A
Besar harapan saya kalau peringkat ujian akhir SD Harapan akan meningkat pesat tahun ini. Terima kasih atas perhatian Bapak dan Ibu sekalian.
B
Demikian yang ingin saya sampaikan. Semoga Bapak dan Ibu orang tua murid serta guru kelas VI SD Harapan bisa bersama mendorong murid-murid untuk terus semangat belajar dan memperoleh hasil yang baik saat ujian akhir.
C
Demikian yang bisa saya sampaikan. Besar harapan saya agar Bapak dan Ibu orang tua murid serta guru bisa membuat rencana kerja sama dalam rangka menaikkan prestasi ujian akhir.
D
Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih atas dukungan Bapak dan Ibu orang tua murid kepada sekolah ini dalam menyukseskan penyelenggaraan ujian akhir kelas VI.
Pembahasan:
Untuk menentukan bagian penutup pidato, kita perlu melihat tema atau tujuan pidato tersebut. Dari soal diketahui tujuan pidato pada pertemuan orang tua tersebut adalah mengajak orang tua kelas VI untuk membimbing dan mendampingi anaknya dalam proses belajar ujian akhir. Oleh karena itu, bagian penutup pidato yang tepat adalah "Demikian yang ingin saya sampaikan. Semoga Bapak dan Ibu orang tua murid serta guru kelas VI SD Harapan bisa mendorong murid-murid untuk terus semangat belajar dan memperoleh hasil yang baik saat ujian akhir."
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 39.970 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Hasil dari
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Melisa, Siswa SD Berprestasi Meski Menulis Hanya Menggunakan Kaki
Melisa Diana Putri adalah seorang siswi difabel di SDN Tukul II Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Melisa duduk di kelas 8. Ia bercita-cita menjadi guru. Semangatnya sangat tinggi meski ia belajar dan beraktivitas menggunakan kaki.
Melisa mengikuti pelajaran di sekolah bersama teman-temannya seperti biasa. Namun saat menulis di buku tulis, dia menggunakan jari kaki. Oleh sekolah, meja khusus dia menulis dibuat lebih rendah dari tubuhnya. Saat menulis di papan tulis untuk mengerjakan tugas dari guru, ia juga menggunakan kaki. Kaki kirinya menopang tubuh agar seimbang, sementara kaki kanannya lincah menulis di papan tulis. Meski menggunakan kaki sejak lahir, tulisan Melisa rapi.
Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Melisa sangat tekun dalam belajar. Ia sangat bersemangat meraih prestasi dan nilai baik. Menurut pengakuan gurunya, Melisa memang sangat jago matematika. Selain itu, Melisa juga hobi membaca. Buku apa pun dia baca. Melisa mengaku, ia membaca buku untuk memperluas wawasan.
Menurut Tri Adi Nurfeni, guru Bahasa Indonesia, Melisa meraih cukup banyak prestasi. Melisa pernah juara lomba baca, tulis dan hitung tingkat kecamatan, dan ditunjuk menjadi duta sekolah karena pengetahuannya yang bagus. Berkat pencapaian Melisa, Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengunjungi Melisa di sekolah. Joko, panggilan akrab Wakil Bupati Probolinggi, terharu melihat semangat Melisa untuk meraih cita-cita. Joko dan sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo memberi sejumlah bantuan untuk kelanjutan belajar Melisa.
Melisa menjadi bukti bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang dalam meraih prestasi. Berkat ketekunan dalam belajar, Melisa dapat menghilangkan keterbatasan-keterbatasan itu tadi.
(Sumber: Kompas.com, dengan penyesuaian)
Bentuk empati dari pihak sekolah kepada Melisa adalah ....
Hasil dari ....
(Pilih semua jawaban yang benar!)
Cermati hal-hal berikut!
- Salam penutup
- Salam pembuka
- Isi pidato
- Ucapan sapaan
- Ucapan terima kasih
- Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Harapan-harapan dan permohonan maaf
Urutan di atas agar menjadi kerangka pidato persuasif yang tepat adalah ...
Garis r dan s adalah dua garis yang memotong sumbu-X dan sumbu-Y tidak tegak lurus. Jika baik garis r maupun s juga saling berpotongan tegak lurus, maka gambar di bawah ini yang paling sesuai untuk menggambarkan kedudukan garis r dan s pada bidang koordinat adalah?