Bank Soal IPA SMP Reproduksi pada Tumbuhan

Soal

Pilihan Ganda

Proses perkecambahan biji kacang hijau dipengaruhi oleh banyak sedikitnya cahaya. Biji kacang hijau yang diletakkan pada tempat redup akan mengalami .... (Pilih semua jawaban yang benar!)

A

pertumbuhan batang yang cepat

B

daun lebih hijau dan segar

C

batang lebih kuat dan kokoh

D

daun berwarna kuning atau pucat

Pembahasan:

Perkecambahan adalah tahap awal perkembangan suatu tumbuhan, khususnya tumbuhan berbiji. Proses ini dimulai saat embrio biji mulai matang, serta tumbuhnya radikula (calon akar) dan flumula (calon batang) pada biji.

Cahaya adalah faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkecambahan biji kacang hijau. Perkecambahan biji di tempat terang akan mengalami perpanjangan batang yang lebih lambat, namun batang terlihat lebih kokoh dan segar. Daun yang tumbuh pun terlihat hijau dan segar karena adanya cahaya membantu proses fotosintesis.

Sementara perkecambahan biji di tempat redup akan mengalami perpanjangan batang yang lebih cepat karena hormon auksin dapat aktif. Namun, batang terlihat kurang kokoh dan daun terlihat pucat. Hal ini karena daun yang tumbuh tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik akibat kekurangan cahaya.

Jadi, biji kacang hijau yang diletakkan pada tempat redup akan mengalami pertumbuhan batang yang cepat dan daun berwarna kuning atau pucat.

Video
23 November 2020
Kelebihan dan Kelemahan Teknik Cangkok
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal